A - Z Tentang Kebijaksanaan Hidup

(A). Accept differences (terimalah perbedaan)
  • Tuhan sengaja menciptakan kita berbeda supaya kita bisa belajar bertoleransi, menghargai orang lain hidup rukun dalam keunikan masing-masing.
    kebijaksanaan hidup

(B) Be Kind (berbaik hatilah)
  • Milikilah kebaikan hati, karena hanya hati yang baik yang bisa menyinari kehidupan sesuram apapun, hanya hati yang baik yang bisa melihat sisi positif dari segala yang negatif, dan hanya hati yang baik yang memiliki keteguhan untuk selalu bermanfaat bagi sesama.

(C) Count your blessing (Hitunglah nikmatmu)
  • Tuhan telah memberi kita nikmat yang banyak, tapi kadang kita terlalu fokus pada apa yang tak kita miliki dibanding apa yang kita punya. Kita terlalu sibuk mengeluhkan yang sedikit daripada mensyukuri apa yang banyak di tangan kita. Cobalah hitung berkat / nikmat yang kita terima, maka kita akan merasa menjadi manusia yang paling kaya.

(D) Dream (bermimpilah)
  • Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena lewat mimpi-mimpi itulah seseorang menemukan kegairahan hidup. Mimpi adalah perwujudan keinginan kita atas sesuatu dalam hidup ini. Mimpilah yang membuat kita bersemangat menjalani hidup.

(E) Express thanks (berterima kasihlah)
  • Jangan lupa selalu berterima kasih bukan hanya pada mereka yang berbuat baik pada anda, tapi juga yang menjahati anda. Lewat mereka ini anda belajar sabar, tetap tegar dan tahu kepribadian apa yang harus anda miliki agar tak seperti mereka.
(F) Forgive (Maafkan)
  • Maafkan mereka yang menyakiti anda, pahami bahwa mungkin harinya sedang buruk dan anda sedang sial saja karena harus berjumpa dengannya. Sudah itu lupakan. Inti sari kebahagiaan bukan pada dendam membara tapi pada hati yang selalu memaafkan dan siap melupakan kealahan orang lain. Karena menyadari manusia itu tak sempurna.

(G) Give freely ( memberi dengan ikhlas)
  • Hidup yang bahagia adalah hidup yang didominasi dengan hati yang ikhlas untuk berbagi pada sesama. Bukan hanya pada saat hidup berlebih tapi juga pada saat kekurangan. Harta itu nanti memiliki berkah jika bermanfaat pada diri dan orang lain.

(H) Harm no one (Jangan sakiti orang)
  • Jika dicubit itu sakit, jangan mencubit orang lain. Jika tak ingin disakiti, jangan sakiti orang lain. Tidak ada gunanya menebar kebencian dengan menyakiti hati orang lain. Hati yang sakit sangat susah untuk menyembuhkannya.

(I) Imagine more (bayangkanlah)
  • Bayangkanlah yang indah-indah dan menyenangkan dalam hidup. Lewat bayangan keindahan itu kita merasa syukur dan terberkahi. Halau jauh-jauh bayangan negatif yang membuat hati jadi galau tak menentu.

(J) Jettison anger (halau kemarahan)
  • Jangan suka marah nanti cepat tua, itu kata nenek-nenek kita. Kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah apapun. Jika ada masalah dan orang lain membuat kita tak nyaman, bicarakan baik-baik, selesaikan masalahnya dengan kepala dingin. Kita toh bukan binatang yang harus saling bertarung untuk membuktikan diri siapa yang paling jago.

(K) Keep confidences (tetap percaya diri)
  • Percaya diri beda dengan sombong. Percaya diri adalah merasa mampu untuk melakukan sesuatu lebih baik dan dibuktikan dengan tindakan, setelah itu tersenyum puas buka untuk membanggakan diri tapi untuk mengalahkan diri sendiri, mengalahkan semua tantangan, halangan dan masalah yang menghadang.

(L) Love truly (mencintai dengan tulus)
  • Cintailah orang lain apa adanya, tanpa syarat, sebagaimana kita pun ingin diterima apa adanya. Cinta yang tulus akan membawa bahagia. Tapi cinta yang dibangun di atas ponadasi kepura-puraan akan runtuh dan membawa sengsara.

(M) Master something (Kuasai sesuatu)
  • Entah itu ilmu, keterampilan, hobi yang membuatmu berbeda dengan orang lain. Kamu bisa bekerja di bidang yang kamu kuasai dengan baik, bisa berprestasi di hobi yang kamu kuasai dan bisa menyelesaikan banyak masalah dengan keterampilan yang kamu miliki.

(N) Nurture hope (kembangkan harapan)
  • Jangan gampang berputus asa jika apa yang kamu lakukan mengalami kegagalan. Selalu saja ada harapan untuk berhasil di lain waktu. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda?

(O) Open your mind (buka pikiran)
  • Jangan seperti katak dalam tempurung yang menyangka kubangan adalah lautan. Keluarlah menikmati dunia, banyak berjalan, banyak dilihat, banyak yang dipahami.  Bacalah banyak buku yang bermanfaat dan lihatlah dunia dari sudut pandang yang berbeda.

(P) Pack lightly (buat ringan semuanya)
  • Masalah yang berat di buat ringan saja. Hidup yang penuh problematikan dibuat ringan saja. Dengan cara memasrahkan semua pada yang Kuasa. Jika sudah cukup ikhtiar yang dilakukan, biarkan Tangan Tuhan yang membereskannya.

(Q) Quell rumors (hindari rumor)
  • Rumor atau gosip itu menyesatkan. Lagipula kegiatan ini tak memberi manfaat sama sekali, menurunkan produktivitas dan membuang waktu. Apa gunanya membicarakan kekurangan dan aib orang lain sementara kita sendiri banyak kekurangan dan masalah?

(R) Reciprocate (ingat balas budi)
  • Jika seseorang berbuat baik pada kita, lakukan kebaikan yang sama atau bahkan yang lebih baik. Jika seseorang berbuat salah jangan membalas, tetaplah berbuat baik padanya dna buat dia terkesan dengan kebesaran hati kita.

(S) Seek wisdom (carilah kebijaksanaan)
  • Kebijaksanaan hidup tidak bisa didapat begitu saja, tapi harus melalui pengalaman pahit manis kehidupan. Turun naik kehidupan lah yang membuat kita jadi lebih bijaksana menyikapinya.

(T) Touch hearts (sentuhlah hati)
  • Sentuh hati orang lain lewat kebaikan kita, senyum ikhlas, pemberian yang tulus, uluran tangan yang tak pandang bulu. Hati yang tersentuh oleh kebaikan hati lebih mudah untuk diterima doanya saat mereka mendoakan kita.

(U) Understand (mengertilah)
  • mengertilah jika orang lain memilih melakukan hal yang berbeda dengan kita. Pahami bahwa hidup ini adalah pilihan. Dan setiap orang bertanggung jawab pada hidupnya sendiri. Boleh memberi saran tapi keputusan tetap di tangan orang tersebut. Pahami bahwa kita bisa berbeda pendapat dengan orang lain.

(V) Value truth (hargai kebenaran)
  • Kejujuran adalah sikap mental yang paling mental yang harus dimiliki oleh seorang manusia. Katakan yang benar meski itu pahit, karena kebenaran akan selalu menemukan jalan yang benar.

(W) Win graciously (menang bermartabat)
  • Buat apa kemenangan yang diperoleh tapi menjegal lawan dengan cara-cara yang tidak sportif. Buat apa jadi juara jika harus mengorbankan harga diri dengan menyuap juri. Buat apa jumawa dengan gelar jika itu diperoleh secara ilegal? Menang bermartabat artinya menang dan jadi juara yang pantas lewat kerja keras dan semangat untuk mengalahkan diri sendiri.

(X) X factor (miliki x factor)
  • miliki faktor x yang membedakan kamu dengan orang lain. Semakin spesifik dan unik dirimu maka semakin menonjol dirimu dibanding orang lain. Jangan mau diseragamkan, jadilah unik dan memiliki faktor x.

(Y) Yearn for peace (cinta damai)
  • Tak ada yang suka dengan kekerasan. Milikilah sikap cinta damai dan memandang semua manusia itu sama dan berhak dihormati secara sama pula.

(Z) Zelously ( rajinlah)
  • Jika punya impian dan cita-cita, semua tak dapat dicapai jika hanya tinggal bermalas-malasan dan berharap semua akan berubah dalam semalam. Bahkan para miliuner dan bisnisman yang berhasil itu istirahatnya sangat sedikit.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !