Tips Fun dan Mudah Menguasai Bahasa Jepang.

Bahasa Jepang itu sulit

Kalau kalimat ini yang tertanam di kepala kamu, maka tidak kan bisa menguasai bahasa Jepang dengan mudah. Tak ada belajar bahasa asing yang gampang. Namanya juga asing pasti butuh waktu buat kenalan dan ngebiasain diri dengannya. Termasuk dengan bahasa jepang. Konon bahasa Jepang adalah satu diantara beberapa bahasa yang butuh energi ekstra buat mempelajarinya. Karena aksara dan cara bacanya yang beda-beda dan njelimet. 

manga

Tulisan Jepang itu ada empat, hiragana, katakan, romaji dan satu lagi yang paling sulit namanya kanji (kan=china, ji=huruf), jadi kalo diterjemanin kasar sebenaranya kanji itu adalah tulisan China. Ya.. memang aksara Jepang yang namanya kanji itu memang diimpor dari China tapi cara bacanya beda meski sebenarnya artinya bisa saja sama. Orang China kalo belajar aksara Jepang bisa dengan mudah ngerti mesti cara bacanya gak tau.
bahasa



Gimana tips mudah menguasai bahasa Jepang?

(1) Kudu senang belajarnya.
  • Syarat paling pertama buat belajar bahasa Jepang ya.. bikin hati senang buat pelajarinnya, jangan bikin susah perasaan saat mulai memandangi tulisan Jepang yang super njelimet.

(2) Belajar dasar-dasarnya.
  • Sebagaimana udah ditulisin di atas kalo aksara Jepang itu ada 4, yang disebut dengan hiragana yaitu tulisan yang dipakai sehari-hari di Jepang, kemudian ada juga katakana yang dibuat buat ngejelasin kata-kata imor dari bahasa asing, ada lagi yang namanya romaji buat nyebut tulisan latin dalam bahasa Jepang dan yang paling pnting adalah kanji yang jumlahnya ribuan, meski yang umum digunakan hanya sekitar 2000-an saja.
Hiragana
Katakana


(3) Berlatih pengucapan.
  • Tidak ada jalan lain untuk berlatih pengucapan (pronounciation) selain dengan berani berucap. Ketemu orang Jepang ajaklah bicara meski dengan terbata-bata, mereka paham kalo kamu lagi belajar. Kalo tidak bertemu orang Jepang, berlatihlah depan cermin atau menirukan pengucapan suatu kata. 
  • Memang butuh waktu buat belajar dan menguasai sebuah bahasa seperti bahasa Jepang ini. Kamu tidak mungkin buru-buru dan bisa menguasai dalam seminggu meskipun kamu belajar dengan sangat keras.
  • Belajar grammar sih boleh-boleh saja, tapi bagi sebagian orang grammar itu membosankan, jadi harus cari cara yang lebih nyenengin buat belajar. Bisa bawa tape / CD player atau aplikasi bahasa jepang yang bisa kamu instal di ponselmu. Kalo lagi nunggu / istirahat bisa kamu denger lagi.

(4) Belajarlah meyanyi lagu Jepang.
  • Bukankah karaoke asal mula dikenalkan di Jepang? Tidak sulit untuk menemukan karaoke yang menyajikan lagu Jepang. Ikuti syairnya, terjemahkan artinya dan cobalah meresapi maknanya. Menyanyi tidak membuat kamu merasa belajar. Tapi percaya deh, itu bisa menambah kaya kosa kata kamu.
  • Seperti lagu Utada Hikaru berjudul First Love di bawah ini.

(5) Nonton anime / dorama
  • Anime adalah kartun Jepang. Kalau mau yang mudah carilah anime yang dikhususkan untuk anak-anak karena bahasanya jauh lebih mudah dimengerti, seperti Chibi Maruko chan atau Dora emon. Kalo anak saya suka dengan anime Detective Conan.
  • Selain anime, serial drama TV  yang disebut dorama juga bisa jadi pilihan. Demikian pula dengan film-film berbahasa Jepang. Cobalah untuk tak tergantung pada terjemahannya.

(6) Baca manga.
  • Manga adalah komik Jepang. Carilah manga yang lumayan mudah, yang bisa membantu kamu untuk mengerti tulisan Jepang. Anak saya membaca komik dora emon atau komik Detektif Conan dalam bahasa Jepang, berupa komik berwarna dengan tulisan kanji tapi dengan furigana. Furigana itu tulisan hiragana kecil yng dituliskan di atas kanji untuk memberi tahu cara membacanya.

(7) Ikut kursus.
  • Kalau punya waktu dan uang lebih silakan ikut kursus. Berpartisipasilah dalam kelas dan tanyalah sebanyak-banyaknya agar kamu lebih paham. Fokuslah kepada hal-hal yang terasa kurang, seperti kamu kurang dalam memahami kanji, fokuslah ke situ. Berlatihlah cara menulisnya, cara membacanya. Sediakan waktu beberapa menist setiap hari untuk mengulangi hal tersebut.
Itulah 7 tips bagaimana menguasai bahasa jepang dengan fun dan mudah. Tidak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !