Bagaimana Memotivasi Diri Untuk Olahraga?

Motivasi kedengarannya adalah kata yang berat karena kita harus mengubah sesuatu yang sudah terbiasa menjadi sesuatu yang baru yang jauh lebih baik. Apalagi motivasi untuk berolahraga itu sangat susah. Saya sendiri pun merasakannya betapa sulit untuk memotivasi diri melakukan olahraga meski hanya sebentar. Lebih enak duduk depan TV sambil makan snack.


olahraga

Ada sebuah tulisan yang saya baca katanya kalo mau sukses berolahraga tak perlu motivasi segala. Lho kok? Katanya lagi kita tak perlu mengorbankan hal-hal yang kita senangi untuk terlihat menarik. Lalu apa dong? Yuk kita intip !


Tips memotivasi diri untuk terus berolahraga

(1) Buang jauh-jauh kata "motivasi".
  • Tak perlu merasa termotivasi untuk berolahraga, karena motivasi itu kesannya paksaan, tapi mengapa anda harus beroleharaga? Karena ANDA HARUS..!! Itu saja. Sama seperti kalau kita memiliki anak, tidak ada yang memotivasi kita untuk menjaga dan memelihara mereka. Itu kita lakukan karena KITA HARUS MELAKUKANNYA. Itu saja. Berolahragalah karena memang anda HARUS melakukannya. Tak perlu ada motivasi-motivasian. Itu bukan pilihan tapi keharusan. Jadikan rutinitas. Seperti halnya makan anda tak perlu dimotivasi untuk melakukannya, tapi anda lakukan juga karena memang harus dilakukan.
  • Bangun pagi-pagi dan mulai bergerak entah itu jalan cepat atau joging tanpa perlu memotivasi diri. Lakukan karena anda memang harus melakukannya. Titik.

(2) Beri hadiah pada tubuh.
  • Sesaat setelah melakukan olahraga beri tubuh kita hadiah / reward atas kerja kerasnya telah berolahraga dan mengeluarkan keringat. Entah itu dengan mandi air hangat yang menyegarkan, pijatan/massage di tubuh, menikmati layanan spa atau hanya secangkir es krim coklat kegemaran pun tak apa. Pokoknya apa saja yang sifatnya menyenangkan.

(3) Sisakan teman-teman yang positif.
  • Singkirkan semua teman-teman yang memberi pengaruh negatif, yang malas, yang suka keluyuran gak jelas dan bergaya hidup tidak sehat. Dan sisakan hanya mereka yang positif, sukses, berhasil dan jauh lebih baik dari anda. Sehingga anda sedikit banyaknya terpengaruh untuk sama seperti mereka.
  • Lakukan olahraga bersama-sama dengan mereka dan nikmati gaya hidup baru yang jauh lebih sehat.

(4) Jadi gila
  • Mungkin orang mengatai anda gila karena berusaha keras untuk mencapai tujuan. Ingin punya tubuh sehat, langsing, segar dan kencang kemudian anda mengusahakannya, salah satunya dengan serius berolahraga. Kemudian orang lain mengatakan anda gila. Terima itu sebagai pujian dan kasihanilah mereka yang mengata-ngatai anda. Karena mereka tidak cukup gila untuk mengejar impiannya dan gampang menyerah. Mereka tak punya banyak waktu untuk berolahraga dan menjadi gila seperti anda tapi punya waktu untuk mengurusi urusan orang lain.

(5) Ukur kesuksesan 
  • Jika anda berniat menurunkan badan dengan olahraga, setiap kemajuan yang anda capai catat dalam sebuah buku. Kemajuan kecil pun sangat berharga. Hargai usaha yang telah anda lakukan dan teruslah berusaha sampai target anda tercapai.
  • Catatan keberhasilan yang anda lihat progressnya bisa jadi motivasi dan dorongan untuk terus berusaha. Catatan itu memperlihatkan bahwa yanga nda lakukan itu ada hasilnya. 
  • Jika belum memperlihatkan hasil, jangan menyerah. Perbaiki kesalahan yang mungkin anda lakukan, setidaknya anda sudah mulai berusaha, dan memulai itu yang sangat sulit.

(6) Bersuka citalah dengan perubahan
  • Apapun hasil yang anda peroleh bersuka citalah. Rasakan dan nikmati perubahan yang anda rasakan. Anda telah memilih melakukan sesuatu yang sangat sedikit orang mau melakukannya, kalaupun ada yang mau sangat sedikit yang bisa bertahan, kebanyakan mereka menyerah.
  • Anda berhasil menaklukkan diri untuk mengusahakan sesuatu di atas limit / batasan yang telah anda buat. Anda membentuk hidup anda sendiri dengan cara yang anda inginkan melalui keringat dan kerja keras.
Keep motivated! Teruslah termotivasi atau memaksa diri untuk HARUS melakukan sesuatu yang anda anggap benar.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !