15 GEJALA AWAL KANKER YANG SERING DIABAIKAN PRIA.

Jika sebelumnya kita membahas mengenai gejala kanker yang sering diabaikan wanita, kali ini kita akan membahas mengenai gejala kanker yang sering diabaikan pria. Apa saja itu?
gejala awal kanker pada pria

  1. Masalah saat buang air kecil (BAK). Pada umumnya seiring dengan bertambahnya umur, pria mengalami masalah saat buang air kecil seperti frekuensi BAK yang bertambah sering pada malam hari atau malah susah BAK ataupun aliran kencing melemah. Pembesaran kelenjar prostat biasanya menyebabkan gejala-gejala ini, tapi begitu juga dengan kanker prostat. Temui dokter Anda untuk melihat penyebab masalahnya. 
  2. Perubahan pada testis. Jika ada benjolan atau perubahan yang tidak biasa pada testis anda segeralah periksakan diri ke dokter. Tidak seperti kanker prostat, yang tumbuh perlahan-lahan, kanker testis bisa jadi bahaya yang mengancam jiwa seketika. Dokter akan mencari masalahnya dengan pemeriksaan fisik, tes darah, dan USG pada skrotum Anda.
  3. Darah pada kencing dan kotoran. Ini bisa menjadi salah satu gejala awal dari kanker kandung kemih, ginjal, atau usus besar. Sebaiknya menemui dokter jika menemukan setiap perdarahan yang tidak normal saat kencing dan BAB. Lepor kata. Meskipun bukan kanker, tapi wasir atau infeksi saluran kemih, penting untuk menemukan dan mengobati penyebabnya.
  4. Perubahan pada kulit. Bila Anda melihat perubahan dalam ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat atau tempat lain pada kulit Anda, hubungi dokter secepat mungkin. Bisa saja itu adalah tanda-tanda kanker kulit. Anda harus diperiksa dengan seksama dan mungkin dilakukan biopsi, yaitu dokter mengambil sepotong kecil jaringan untuk diuji. 
  5. Perubahan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening, kelenjar kecil sebesar kacang yang ditemukan di leher, ketiak, dan tempat-tempat lain, sering merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh Anda. Biasanya, hal itu menandakan sistem kekebalan tubuh Anda sedang melawan infeksi, tetapi juga bisa berarti tanda awal kanker. Periksakan diri ke dokter jika anda menemukan pembengkakan yang tidak normal dan tidak kunjung membaik dalam 2 sampai 4 minggu.
  6. Kesulitan menelan. Beberapa orang mungkin memiliki masalah dalam menelan makanan. Jika masalah ini terus berlanjut disertai dengan muntah dan penurunan berat badan yang drastis, kemungkinan dokter anda akan melakukan uji atas kemingkinan kanker tenggorokan atau kanker perut.
  7. Dada serasa terbakar (heartburn). Anda bisa mengatasi sensasi rasa terbakar di dada (heartburn) dengan mengubah pola makan, kebiasaan minum dan tingkat stres. Tapi jika setelah melakukan perubahan ini heartburn tidak kunjung membaik, mungkin ini adalah gejala kanker tenggorokan atau kanker perut. Periksakan diri ke dokter segera !
  8. Perubahan pada mulut. Jika anda perokok maka anda termasuk golongan yang berisiko terkena kanker mulut. Waspadai bercak putih atau merah pada bagian dalam mulut dan bibir. Kunjungi dokter atau dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  9. Penurunan berat badan meski tidak diet. Celana yang sering anda pakai terasa longgar? Jika anda tidak melakukan diet dan olahraga yang keras tapi berat badan terus turun harus diwaspadai kalau itu gejala awal kanker pankreas, kanker perut ataupun kanker paru-paru. Hal itu dapat dipastikan dengan melakukan tes darah atau CT scan maupun PET scan.
  10. Demam yang tak kunjung turun. Demam biasanya bukan pertanda buruk - kecuali bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Tapi demam terus menerus tak kunjung turun bisa saja itu merupakan sinyal leukemia atau kanker darah yang lain. Dokter harus memeriksa riwayat kesehatan Anda dan memberi Anda pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebabnya.
  11. Perubahan pada dada. Para pria cenderung mengabaikan benjolan yang terjadi pada dada mereka, karena mereka berpikir bahwa kanker payudara hanya diderita para wanita. Jangan salah Bung! 1 % dari semua kanker payudara meskipun lambat dideteksi terjadi pada pria. Jadi jangan abaikan benjolan sekecil apapun pada dada anda.
  12. Kelelahan yang tak bisa dijelaskan. Banyak jenis kanker menyebabkan kelelahan yang amat sangat. Jika anda merasa lelah tanpa bisa dijelaskan penyebabnya segeralah berkonsultasi pada dokter untuk dicarikan solusinya.
  13. Batuk berkepanjangan. Jika anda bukan perokok batuk yang membandel seringkali diabaikan, biasanya akan berhenti sendiri selama 3-4 minggu. Tapi jika anda perokok dan batuk tidak berhenti setelah sebulan dan disertai darah dan kesulitan bernafas sebaiknya jangan tunda menemui dokter. Bisa saja itu merupakan gejala kanker paru-paru. Dokter akan memeriksa lendir paru-paru anda untuk melihat adanya infeksi juga akan melakukan pemeriksaan dengan sinar x.
  14. Rasa sakit yang tak bisa dijelaskan. Jika Anda sering merasa kesakitan pada bagian tubuh tanpa bisa dijelaskan penyebabnua dan berlangsung terus menerus jangan hanya mengeluh dan menahan rasa sakit itu. Kunjungi dokter ! Rasa sakit yang berlangsung lama dapat menjadi sinyal dari berbagai jenis kanker, terutama yang telah menyebar
  15. Sakit perut disertai depresi. Kanker disertai depresi adalah kejadian yang jarang. Tapi jika terjadi pada anda dan anda memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker pankreas, kemungkinan hal yang sama bisa terjadi pada anda. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !