HEY LADIES, JANGAN ABAIKAN 15 GEJALA AWAL KANKER INI !

Tubuh wanita selalu berubah seiring dengan pertambahan umur, perubahan pola hidup dan pola konsumsi. Terkadang perubahan kecil yang sering kita abaikan bisa menjadi tanda gejala awal penyakit kanker, penyakit mematikan yang jadi momok banyak wanita. Kuncinya adalah selalu memperhatikan tubuh, jika ada kelainan sekecil apapun sebaiknya waspada. Apa saja itu?
gejala awal kanker wanita

  1. Perubahan pada payudara. Cobalah memeriksakan diri ke dokter jika ditemui benjolan pada payudara, kulitnya berubah mengkerut, puting masuk ke dalam ataupun kemerahan dan bersisik pada kulit payudara atau puting. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan gejalanya. Mungkin juga anda disarankan untuk melakukan mammogram atau biopsi, yaitu mengambil sedikit jaringan untuk diperiksa kemungkinan terserang kanker payudara atau tidak.
  2. Kembung. Kebanyakan wanita suka kembung.Tidak apa-apa menunggu seminggu untuk memastikan bahwa kembung hanya gangguan pencernaan biasa, Tetapi jika kembung ini berlanjut disertai dengan penurunan berat badan dan pendarahan harus diwaspadai, bisa saja terkena kanker ovarium. Hubungi dokter dan anda akan dilakukan serangkain pemeriksaan, seperti tes darah, pemeriksaan panggul atau USG untuk melihat penyebabnya.
  3. Pendarahan di luar jadwal menstruasi. Jika anda mengalami pendarahan di luar jadwal menstruasi maka perlu diperiksakan ke dokter untuk mendeteksi kanker endometrial (kanker mulut rahim). Begitu juga pendarahan yang terjadi saat sudah memasuki masa menopause.
  4. Perubahan pada kulit. Perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat atau gejala bintik lain pada kulit adalah tanda umum kanker kulit. Temui dokter Anda untuk pemeriksaan menyeluruh dan mungkin biopsi.
  5. Darah pada kencing dan kotoran. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan dari bagian tubuh yang tidak biasa, terutama jika perdarahan berlangsung lebih dari satu atau dua hari,  Tinja berdarah sering menjadi gejala wasir, tetapi juga bisa menjadi gejala dari kanker usus besar. Kencing berdarah biasanya merupakan tanda awal dari kanker kandung kemih atau ginjal.
  6. Perubahan pada kelenjar getah bening. Perubahan sekecil apapun pada kelenjar yang seukuran kacang dalam tubuh ini bisa merupakan gejala infeksi  umum. Tapi gejala awal leukemia dan limfoma dapat dapat dilihat dari kelenjar getah bening yang membengkak. Jika ada pembengkakan sekecil apapun di bagian tubuh anda yang sudah berlangsung lama (sebulan atau lebih) segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi gejala kanker lebih dini.
  7. Susah menelan. Umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika sulit menelan tapi kalau disertai penurunan berat badan  yang drastis dan muntah, dokter mungkin akan memeriksa lebih lanjut untuk melihat ada tidaknya kemungkinan kanker tenggorokan atau kanker perut.
  8. Penurunan berat badan meskipun tidak diet. Kebanyakan wanita suka jika berat badannya turun dan memperoleh berat ideal yang diimpikan. Tapi jika turun sampai 10 kg meskipun tidak ada perubahan pola makan dan olahraga patut diwaspadai adanya gejala kanker pankreas. Bisa juga gejala kanker perut atau kanker paru-paru. Dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes darah atau CT scan.
  9. Dada serasa terbakar (heartburn). Terlalu banyak makan, minum minuman beralkohol ataupun stres bisa menyebabkan heartburn. Cobalah rubah pola makan selama seminggu untuk melihat apakah gejala ini berkurang. Tapi jika tidak kunjung membaik ada baiknya segera ke dokter untuk melihat adanya kemungkinan gejala kanker perut, kanker tenggorokan ataupun kanker rahim.
  10. Perubahan pada mulut. Jika anda perokok perhatikan jika ada bintik merah terang pada mulut yang bisa jadi gejala kanker mulut. Segeralah ke dokter untuk memastikannya.
  11. Demam berkepanjangan. Jika demam atau panas yang tidak kunjung berhenti bisa jadi gejala leukimia atau kanker darah lainnya. Segeralah ke dokter untuk memastikannya.
  12. Kelelahan yang amat sangat. Jika mengalami kelelahan yang berkepanjangan meskipun aktivitas tidak terlalu banyak apalagi disertai dengan darah pada tinja perlu mendapat pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.
  13. Batuk berkepanjangan. Batuk biasanya akan reda dengan sendirinya sekitar 3 - 4 minggu. Jika anda mengalami batuk berkepanjangan yang tak kunjung reda, susah bernafas apalagi batuk disertai darah maka sebaiknya kunjungi dokter untuk melihat apakah itu gejala kanker paru-paru.
  14. Rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan. Jika anda mengalami rasa sakit yang terus menerus tanpa diketahui penyebabnya lebih dari sebulan di bagian tubuh anda, sebaiknya menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Bisa saja itu gejala kanker tulang ataupun kanker otak.
  15. Sakit perut dan depresi. Kejadiannya sangat jarang sakit perut disertai depresi. Tapi jika anda mengalaminya kemungkinan itu adalah gejala awal kanker pankreas apalagi jika ada diantara keluarga dekat anda yang menderita kanker ini. Segeralah temui dokter untuk mendapatkan jawabannya.
Itulah gejala awal kanker yang sering diabaikan wanita. Untuk gejala awal kanker pada pria, silakan baca di sini. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. teriamakasih banyak nih, mengetahui gejalanya emang sangat penting agar penangananya bisa lebih awal

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !