10 Tips Menyelesaikan Pekerjaan yang Super Efektif

Menyelesaikan pekerjaan perlu seni tersendiri. Berikut ini ada 10 tips bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan baik, efektif dan cepat.

1. Lakukan satu persatu, jangan sekaligus.
Jangan menyelesaikan pekerjaan sekaligus, lakukan secara bertahap atau satu persatu. Pekerjaan yang diselesaikan sekaligus hasilnya bisa tidak optimal, serampangan dan kualitasnya rendah. Lagipula belum tentu bisa menyelesaikan pekerjaan yang banyak sekaligus karena energi dan waktu setiap orang itu terbatas.

2. Pahami masalahnya.
Sebelum menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan, pahami masalah apa yang akan dihadapi dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Setelah memahami masalahnya akan lebih mudah untuk mencari pemecahannya dan di mana harus memulainya.

3. Belajarlah untuk mendengar.
Setiap pekerjaan memiliki manual atau cara pelaksanaannya sendiri. Dengarkan petunjuknya dengan baik, dengar semua masukan positif tentang pekerjaan tersebut.

4. Belajarlah untuk mengajukan pertanyaan.
Kumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan tersebut. Ajukan pertanyaan tentangnya. Semakin banyak pertanyaan yang diajukan semakin banyak informasi yang diterima. Semakin banyak informasi yang dimiliki tentang pekerjaan tersebut lebih mudah mengerjakan dan menyelesaikannya.

5. Bedakan hal yang masuk akal dan tidak masuk akal.
Jangan mencampur adukkan sesuatu yang masuk akal, diterima oleh logika dan akal sehat dengan praduga yang tidak logis. Masalah yang dihadapinya adalah masalah nyata. Pekerjaan yang harus diselesaikan itu nyata adanya. Kita tidak bisa menduga-duga atau mengira-mengira saja tanpa pertimbangan yang matang.

6. Terimalah perubahan sebagai sesuatu yang tak terelakkan.
Jika mau berkembang, perubahan adalah satu keharusan. Demikian juga dengan penyelesaian pekerjaan, harus mengikuti perkembangan, senantiasa di up to date agar dapat menyesuaikan dengan kondisi keterkinian. Jika ingin maju jangan alergi dengan perubahan.

7. Akui kesalahan
Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang pernah berbuat salah dan melakukan kekeliruan. Tapi itu wajar. Kesalahan mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam melangkah. Jangan kapok karena melakukan satu kesalahan. Akui bahwa anda salah dan anda akan memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan terlalu keras menghukum diri anda karena satu kesalahan. Semua orang harus salah dulu agar dapat menghargai pencapaiannya pada saat melakukan sesuatu dengan benar.

8. Tetap tenang
Jangan panik ! Pekerjaan yang banyak akan diselesaikan secara baik jika tetap tenang. Bedakan tenang dengan santai ya.. Tenang artinya menyesuaikan dengan kondisi yang ada, melihat mana yang bisa didahulukan, mana yang harus segera dikerjakan dan mana yang bisa ditunda. Memilah-milah mana yang terbaik dan paling pas.

9. Buat jadi simpel
Sesuatu yang simpel jangan dibuat sukar. Karena tidak ada gunanya memperumit keadaan. Sesuatu yang lebih sederhana lebih mudah menylesaikannya dibanding sesuatu yang sudah kelihatan rumit dan sukar.

10. Tersenyumlah.
Pekerjaan yang banyak, bertumpuk jika segera dikerjakan lambat laun akan selesai. Tersenyumlah menghadapinya dan tak perlu merasa tertekan. Stres tidak akan membantu menyelesaikan pekerjaan secara efisien tapi malajh bisa membuat anda terkena serangan jantung.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !