20 Hal yang Penting diLakukan Dalam Hubungan Anda



  1. Bebaskan diri dari orang yang negatif. Orang yang negatif sedikit banyak pasti akan mempengaruhi anda. Kalau anda bergaul dengan orang yang pesimis maka anda akan ketularan pesimis. Membebaskan diri dari orang negatif artinya melepaskan satu masalah dalam hidup anda. 
  2. Lupakan mereka yang telah pergi. Bagi orang terkasih yang memuituskan meninggalkan atau direnggut dari sisi anda, relakan, kemudian lupakan. Orang yang memilih meninggalkan anda berarti melakukan kesalahan karena melepaskan orang seberharga anda. Kerugian ada di pihaknya bukan di pihak anda.
  3. Beri orang lain kesempatan yang adil untuk mengenal anda. Jika hubungan masa lalu berakhir pahit, segeralah move on dan jangan menutup diri dengan kesempatan kedua. Berikan kesempatan kepada orang lain untuk mengenal anda secara lebih baik dan adil.
  4. Tunjukkan kebaikan dan penghargaan kepada setiap orang. Setiap orang adalah penting, ingat itu! Memberikan penghargaan dan menebar kebaikan pada setiap orang akan memberi makan egonya, menyadarkannya bahwa anda menganggap mereka penting, sehingga lebih mudah diajak berurusan.
  5. Terima orang lain apa adanya. Jangan mengharapkan orang lain di luar kemampuannya. Beri orang lain kesempatan untuk menjadi dirinya sendiri tanpa menginginkannya menjadi seseorang yang kita inginkan. Itu tidak adil buat mereka.
  6. Dorong dan gembirakan orang lain. Kebahagiaan yang diberikan pada orang lain akan membuat anda bahagia. Percayalah, kebahagiaan itu menular.
  7. Jadikan dirimu yang tak sempurna sebagai sosok impian. Tidak ada manusia yang sempurna tapi terus menerus memfokuskan diri pada kekurangan akan berdampak buruk bagi diri. Lupakan sejenak kekurangan dan bayangkan diri sebagai manusia sempurna yang bisa berhubungan secara baik dengan orang lain.
  8. Lupakan orang yang menyakiti dan maju terus. Orang yang menyakiti anda pada dasarnya menyakiti dirinya sendiri. Tidak ada kebahagiaan pada hati yang membenci dan kasar. Jadi lupakan saja mereka, kalo perlu tersenyumlah pada mereka yang menyakiti anda, biarkan mereka kebingungan dan terperangah dengan sikap anda. Jika ada yang membenci maupun tidak suka pada anda, sadarilah pasti karena anda memiliki begitu banyak kelebihan sampai harus dibenci oleh orang lain.
  9. Lakukan hal-hal kecil untuk orang lain setiap hari. Kebaikan kecil akan membuat anda lebih bersemangat menghadapi hidup. Hidup itu harus diisi hal-hal yang bermanfaat sehingga membuatnya lebih bermakna.
  10. Setialah. Orang yang setia adalah orang yang menjaga komitmen dengan baik. Kesetiaan membuat hubungan dengan orang lain bisa berjalan baik. Tidak ada yang menyukai orang yang tidak setia karena dianggap tidak jujur.
  11. Jangan berhenti berhubungan dengan orang-orang yang berarti bagi anda. Siapkan waktu untuk mengunjungi atau sekedar telepon orang-orang yang berarti bagimu. Kepedulian akan dibalas dengan kepedulian. Jika anda peduli mereka maka mereka tidak akan meninggalkan anda saat susah.
  12. Tepati janji dan jangan bohong. Ingkar janji dan bohong adalah karakter tercela yang membuat anda tidak dipercayai orang lain.
  13. Berikan lebih dahulu apa yang anda ingin terima. Kalau anda ingin memperoleh cinta maka beri cinta terlebih dahulu. Kalau anda ingin dipedulikan maka pedulilah mereka lebih dulu.
  14. Katakan dengan jelas apa maksudmu dan sungguh-sungguhlah saat mengatakannya. Komunikasikan apa yang ada dalam pikiran anda dan sampaikan dengan jelas dan sungguh-sungguh agar orang tidàk salah paham dan mengerti masalahnya dengan baik.
  15. Buat orang lain memutuskan apa yang terbaik buat dirinya. Jangan ikut campur dengan urusan orang lain, meskipun itu orang terdekatmu, biarkan mereka memutuskan apa yang terbaik untuk hidupnya.
  16. Bicaralah secukupnya dan lebih banyak mendengarkan. Mengapa Tuhan memberikan kita 2 telinga dan 1 mulut? Tentu karena Tuhan ingin kita lebih banyak mendengarkan dibanding berbicara. Tuhan ingin kita lebih bijaksana berkomentar atau menilai orang lain apalagi sampai memaki mereka. Kadang orang hanya ingin didengarkan.
  17. Berhenti berdebat dengan siapa saja. Buat apa berdebat? Hanya menambah musuh dan kebencian di hati orang lain. Kalaupun anda menang dalam perdebatan apa yang anda peroleh? Rasa sakit hati orang laun yang kalah berdebat.
  18. Perhatikan dengan seksama apa yang orang lain katakan. Jika orang berbicara pada kita, perhatikan. Perlakukan bahwa apa yang dibicarakan itu penting.
  19. Hentikan komentar yang menyakitkan. Tidak usah sibuk mengomentari urusan orang lain. Urus saja urusan masing-masing, andapun belum tentu lebih baik dari orang yang anda komentari.
  20. Selalu ada buat orang lain yang membutuhkan. Kebaikan akan berbalas kebaikan. Jika anda ada saat orang lain membutuhkan maka merekapun ada saat anda membutuhkan.
Itulah 20 hal yang penting untuk dilakukan dalam berhubungan dengan orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !