22 Kebiasaan Harian Yang Bikin Pintar

Menjadi pintar bukanlah sesuatu yang diperoleh sekejap mata. Memang ada orang yang dikaruniai kepintaran secara genetik, bawaan sejak lahir, tapi itu hanya sebagian kecil dari populasi. Kebanyakan orang adalah orang biasa yang memiliki kecerdasan rata-rata. Agar bisa pintar harus melalui proses pembelajaran dan latihan asah otak secara rutin.

pintar

Berikut ini 22 kebiasaan harian yang bikin pintar ;

1. Pikirkan 10 ide baru setiap hari.
Kreativitas bisa dirangsang melalui ide-ide segar dari para seniman yang ditunjukkan lewat karya seni. Banyak ide-ide baru yang selama ini bersliweran di otak tapi diabaikan dan tidak diperhatikan. Jika ada ide baru yang muncul segera catat agar anda tidak lupa. Sedapat mungkin pikirkan 10 ide baru setiap hari, ide-ide yang menarik untuk anda terapkan dalm hidup.

2. Cari jawaban pertanyaan anda
Orang yang pintar adalah orang yang tidak menerima apa-apa yang terjadi di sekitarnya begitu saja. Mereka tidak tenang karena selalu mempertanyakan banyak hal. Supaya otak anda terlatih, cari jawaban dari semua pertanyaan anda dari berbagai sumber. Setelah satu pertanyaan dijawab, berpindahlah untuk mencari jawaban pertanyaan lainnya lagi.

3. Baca satu bab dari buku yang memotivasi
Di abad online, dimana orang memperleh informasi lebih banyak lewat internet banyak orang yang sudah melupakan buku. Padahal buku memiliki keasyikan tersendiri membacanya. Belilah buku-buku yang memotivasi, yang memberikan dukungan pada anda. Bacalah minimal 1 bab setiap hari dari buku-buku tersebut agar otak anda mendapat inspirasi.

4. Lebih baik nonton video pembelajaran / tutorial ketimbang TV
Daripada menghabiskan waktu di depan TV menonton sinetron / drama / film yang tidak bermutu lebih baik mencari video pembelajaran / tutorial yang banyak tersebar di internet dan pelajari sesuatu yang menjadi minat anda.

5. Baca surat kabar
Surat kabar membuat anda selalu update dengan berita-berita terbaru, termausk inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh manusia dan pikirkan bahwa anda pun bisa melakukan terobosan baru yang kelak bermanfaat bagi kemanusiaan.

6. Bukalah situs-situs pengetahuan favorit
Daripada membuka situs-situs porno yang tidak ada manfaatnya, atau situs hiburan /gosip selebriti yang tidak penting, lebih baik membuka situs ilmu pengetahuan untuk menambah ilmu atau mencari jawaban pertanyaan anda. Semakin banyak yang anda tahu semakin kaya pemahaman anda dan semakin mudah anda menjalani hidup.

7. Bagilah apa yang anda pelajari dengan orang lain.
Jangan kikir. Bagilah apa yang anda tahu dan pelajari dengan orang lain, supaya orang lain juga dapat merasakan manfaat ilmu tersebut seperti anda merasakan manfaatnya.

8. Aplikasikan apa yang anda pelajari
Setelah belajar ilmu baru jangan berhenti hanya sampai teorinya, praktekkan dalam kehidupan sehari-hari supaya ilmu itu bermanfaat. Dengan mempraktekkan / mengaplikasikan ilmu maka nad akan tahu sejauh mana ilmu tersebut bermanfaat di dunia nyata.

9. Buatlah daftar apa-apa yang telah anda kerjakan
Buatlah daftar apa-apa yang ingin anda kerjakan. Jika telah menyelesaikan satu pekerjaan, buatlah tanda check list dalam buku daftar anda, sehingga anda bisa tahu sudah sampai di mana kemajuan anda.

10. Mulai membuat daftar apa-apa yang harus di stop.
Selain membuat daftar apa-apa yang telah anda kerjakan buatlah juga daftar apa-apa yang harus anda hentikan. Hal-hal yang tidak berguna dan tidak produktif. Misalnya anda menulis"hal-hal yang harus dihentikan adalah berhenti gosipin orang, berhenti merasa rendah diri "dan sebagainya.

11. Tulislah apa yang anda pelajari.
Jika anda memperoleh ilmu baru agar tidak lupa, catatlah di buku catatan anda. Seperti anda mempelajari sbeuah bahasa asing, agar cepat mengusainya, catatlah kata-kata baru dlam bahasa asing tersebut dalam catatan anda dan hapalkan setiap hari.

12. Rangsanglah pikiran anda
Pikiran harus dirangsang dengan kegiatan yang bemanfaat. Mencoba menulis blog atau buku mengenai hal-hal tertentu atau aktivitas sederhana seperti menulis diari /buku harian dapat membantu merangsang otak dna pikiran anda. Tentu saja anda harus berpikir tentang apa yang akan anda tulis bukan?

13. Ambillah kursus online
Daripada main game online yang menghabiskan waktu lebih baik mencari kursus online tentang sesuatu yang menarik minat anda. Jika tidak mampu membayar, banyak juga situs kursus online yang menyediakan diskon atau bahkan gratis.

14. Berbicaralah hal-hal yang anda anggap menarik dengan orang lain.
Sesuatu yang menarik perhatian anda bisa dibicarakan dengan orang lain, sekedar tukar pikiran karena setiap orang itu tidak sama ilmunya, Mungkin saja lawan bicara lebih banyak tahu dibanding anda, atau dia memberikan saran yang tak terpikirkan sama sekali oleh anda.

15. Berlanggananlah informasi berharga secara online.
Banyak informasi berharga yang tersedia secara online. Agar tidak ketinggalan informasi terbaru bisa berlangganan situs tersebut atau mem "boomark" nya

16. Mainkan games asah otak.
Jangan hanya main game yang membuat emosi terkuras dan bikin stres atau malah yang terlalu santai. Carilah game yang merangsang otak anda untuk berpikir seperti game sudoku, teka teki silang, tebak-tebakan ataupun game strategi.

17. Lakukan sesuatu yang selalu anda takuti
Orang yang berani bikannya tidak memiliki ketakutan, tapi dia tidak membiarkan ketakutan menghalanginya mencapai tujuannya. Jika anda ingin pintar lakukan sesuatu yang sudah lama anda takuti agar dapat melepaskan jiwa polos dan memahami bahwa setelah dikerjakan kenyataannya tidak semengerikan bayangan anda.

18. Eksplor tempat-tempat baru.
Jangan terhenti dna berputar-putar di tempat yang sama sampai mati, Keluarlah dari zona nyaman anda dan eksplor tempat-tempat baru. Lakukan perjalanan dan nikmati pengalaman berharga dna menemukan hal-hal baru yang menarik hati.

19. Bergaullah denga orang yang lebih pintar dari anda
Bergaul dengan orang pintar, setidaknya anda bisa ketularan pintar, Setiap aktivitas yang terkait dnegan mereka akan mempengaruhi anda dan akan bereaksi sebagaimana halnya orang pintar bereaksi.

20. Sisihkan waktu untuk tidak melakukan apa-apa.
Kadang-kadang tidak melakukan apa-apa itu bisa membuat pintar. Mengapa? Karena otak berada dalam fase istirahat. Sesuatu yang dipergunakan terus menerus tanpa istirahat maka kemampuannya akan menurun.

21. Lakukan hobi yang produktif dan dapat dilakukan setiap hari.
Daftar hobi produktif dapat dibaca di sini dan di sini.

22. Olahraga dan makan makanan sehat.
Badan yang sehat dan makanan yang terkontrol akan mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk kesehatan otak dna pikiran. Raga yang sehat akan mempengaruhi jiwa yang sehat juga.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !