Berhentilah Minum 9 Minuman ini !

Artikel sebelumnya kita membahas tentang bahaya dehidrasi dan mengapa harus minum banyak air sedikit membuka mata kita tentang pentingnya kecukupan air dalam tubuh. Tapi tidak berarti serta merta kita harus  meminum segala macam minuman yang penting bentuknya cair dengan alasan agar tubuh tidak dehidrasi. Setidaknya hindarkan diri dari 9 minuman di bawah ini.

hentikan minum


# 1. Jus
Apakah itu jus peras atau jus dalam karton tidak sehat untuk meminumnya terlalu sering, karena jus mengandung banyak kalori. Wow? Kenapa bisa? Satu cangkir jus jeruk sama dengan kalori yang dikandung oleh 6 biji jeruk segar, belum lagi kalau jusnya dikasi gula plus susu kental manis. Meskipun semua jus jumlah kalorinya tidak sama (jus yang diperas lebih sedikit kalorinya daripada jus dalam karton), segelas jus bisa mengandung 120 - 150 kalori. Daripada meminum 6 buah jeruk sekaligus di pagi hari lebih baik ganti dengan makan 1 buah jeruk segar/utuh, selain kalorinya lebih sedikit juga bisa memberikan serat yang lebih banyak bagi tubuh - atau minum air hangat dengan perasan jeruk nipis / lemon yang berfungsi sebagai antioksidan.


# 2. Kopi
Bagi anda yang senang ke kafe dan menjadikan kopi sebagai menu harian kata frappucino, dunkaccino, mochacino mungkin tidak asing lagi bagi telinga anda. Tapi tahukah bahwa semua keluarga "cino" tadi mengandung gula dan kalori yang banyak sampai 1.000 kalori atau lebih. Satu-satunya keluarga cino yang lebih bersahabat bagi bobot tubuh adalah cappuccino yang merupakan campuran espresso dan susu. Jika anda sudah tak bisa lepas dari gaya hidup kafe demi kesehatan anda hindari memesan sirup yang mengandung gula tinggi, hentikan minuman yang mengandung topping whipped cream, minuman dengan serutan coklat, ataupun dibumbui karamel. Semuanya mengandung kalori tinggi plus kafein akan membuat anda jadi gendut dan kecanduan.


# 3. Soda
Soda itu intinya adalah air gula. Jika meminum coca cola, sprite, fanta dan bahkan lemon soda, tonic water, ataupun ginger ale sama dengan meminum kurang lebih 13 sendok gula. Kalau anda diberi 13 sendok gula dan disuruh makan sekaligus apa anda sanggup? Tentu tidak bukan? Lalu kenapa anda suka minum soda?


# 4.  Susu kental manis
Buat yang doyan minum apa-apa dibubuhi susu kental manis, hati-hatilah. Susu kental manis hanya sedikit mengandung protein tapi lebih banyak gulanya. Jika ingin mendapatkan protein dari susu gunakan susu sapi segar, susu kedelai segar ataupun yogurt plain yang bebas gula.


# 5. Minuman berprotein (protein shake)
Apakah anda atlit olimpiade? Kalau jawabannya ya, maka anda perlu protein shake sebagai tambahan protein harian anda. Tapi jika tidak buat apa? Bubuk protein ini mengandung banyak gula dan nutrisi tambahan yang tidak perlu. Amannya  ya, minum air putih dan  makan protein dari sumber-sumber alami. Seperti dari kedelai, ayam, daging, yogurt, telur dan sebagainya.


# 6. Minuman olahraga / Sport drinks
Sama dengan penjelasan di atas, sport drinks seperti gatorade ditujukan untuk atlit yang aktif berolahraga untuk mencapai prestasi/target tertentu. Minuman ini memang didesain untuk membantu atlit tetap berenergi dan tercukupi cairan tubuhnya yang keluar oleh keringat dengan gula yang siap minum (kalori tinggi) dan mineral-mineral pengganti seperti sodium, potassium dan klorida. Minuman ini berkalori tinggi dan jika anda punya masalah dengan perut, setidaknya akan membuat mual. Lebih baik memilih air putih saja, lebih sehat.


# 7. Smoothy botolan
Smoothies atau puree adalah buah yang diblender dan dicampur dengan sedikit gula baru kemudian dimakan. Sekarang atas nama kepraktisan banyak smoothy yang dijual botolan. Meskipun diberi embel-embel bebas gula tapi yang untuk membuatnya tahan dan tidak cepat busuk maka dimasukkan zat tambahan / pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Lebih baik anda membuat smoothy sendiri di rumah menggunakan buah atau sayuran segar, es, yogurt plain tanpa gula dan bumbu-bumbu alami.


# 8. Es teh manis
Bagi yang doyan minum es teh manis, berhentilah! Cobalah memesan teh tawar yang bebas gula. Kalau anda tidak sanggup minum teh tanpa gula anda bisa minta gula dan menambahkan sendiri 1 atau 2 sdt ke dalam teh anda. Hal ini dapat mengurangi konsumsi gula anda.


# 9. Koktail
Koktail adalah campuran beberapa minuman beralkohol (margarita, daquiry, sour mix, pina colada). Memang rasanya enak tapi kandungan alkohol dan gula berlebih dalam minuman ini berbahaya bagi tubuh jika keseringan mengkonsumsinya.

Demi kesehatan anda dan umur yang lebih panjang bersikap bijaklah terhadap apa yang akan anda konsumsi. Anda tentu tidak ingin membahayakan diri sendiri bukan? Sesekali boleh tapi jangan jadikan kebiasaan.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !