11 Aturan Umum Dalam Keluarga Yang Sukses


  1. Nomor satukan Tuhan di atas segalanya. Karena Tuhanlah yang akan membimbing, memudahkan jalan dan langkah serta menjadi tempat megadu di saat susah. Anggota keluarga harus percaya dan takut pada Tuhan, agar tetap berjalan di jalan yang benar.
  2. Tidak bicara kecuali perkataan yang baik. Anggota keluarga harus berkata yang baik pada anggota keluarga lainnya. Ucapan buruk, makian, kata-kata kasar tidak akan ditolerir dalam keluarga.
  3. Cintai keluargamu sama seperti kamu mencintai dirimu. Keluarga adalah sekumpulan orang-orang yang tidak hanya memiliki ikatan darah denganmu tapi juga ikatan emosional. Sesama keluarga wajib saling mencintai dan mendukung satu sama lain.
  4. Selalu jujur. Kejujuran adalah karakter yang penting untuk dibangun dalam keluarga. Kejujuran akan menghasilkan ketulusan dalam berhubungan dengan orang lain. Jika keluarga saja sudah susah untuk mempercayainya bagaimana dengan orang lain?
  5. Jangan lupa berdoa. Doa akan memandu kamu menjalani hari dengan lindungan Tuhan. Doa akan membuat hati tenang karena selalu bersama Tuhan dalam setiap gerak dan lamgkah. Menyadari bahwa manusia itu lemah dan terbatas, itulah sebabnya dia butuh Tuhan yang Maha Sempurna.
  6. Minta maaf jika salah. Tidak ada manusia yang sempurna. Jika seseorang melakukan kesalahan, segeralah minta maaf. Maaf akan membuat hubungan yang tadinya merenggang melekat kembali.
  7. Bagilah waktu dengan keluarga. Sesibuk apapun selalu sediakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.
  8. Kurangi bicara lebih banyak mendengar. Kadang-kadang mendengarkan jauh lebih dibutuhkan oleh keluarga ketimbang ceramah dan petuah yang panjang lebar tapi tak mengena.
  9. Tertawa, menyanyi dan ceria selalu. Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang saling menceriakan dan memberi kesenangan satu sama lain. Adalah kebutuhan manusia untuk bersenang-senang dan itu akan lebih berharga jika dilakukan bersama keluarga.
  10. Beri cinta, kehangatan dan pengampunan. Jangan lupakan bahwa cinta tak akan pernah gagal membangun kedekatan dan keakraban yang akhirnya akan menciptakan kehangatan dan pengampunan saat melakukan kesalahan,
  11. Jangan lupakan kesabaran. Sabar adalah kunci utama meraih sukses. Keluarga yang saling menerima kekurangan satu sama lain dan memiliki kesabaran ekstra akan mampu mengatasi semua hambatan yang menerpa keutuhannya.
Itulah 11 aturan umum dalam keluarga yang sukses. Aturan umum yang semua orang tahu tapi jarang yang mau mempraktekkannya dalam keluarga mereka. Keluarga bahagia, berhasil dan sukses tidak datang begitu saja tapi harus diusahakan oleh semua pihak.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !