14 Tanda-Tanda Orang Narsis Yang Patut Diwaspadai.

Narsis mungkin kata yang sudah tidak asing lagi bagi anda, merujuk pada orang yang suka foto-foto selfie di mana saja. Padahal narsis berasal dari mitologi Yunani tentang seseorang bernama Narsiscuss putra Dewa Sungai Chepissuss yang jatuh cinta pada bayanganya sendiri yang dilihatnya di sungai.


Kesimpulannya orang narsis itu orang yang cinta diri berlebihan. Dunia hanya berputar di sekitar dirinya saja. Orang lain hanya pelengkap. Karenanya orang-orang begini harus diwaspadai. Sangat mudah mengenalinya melalui tanda-tanda sebagai berikut :

Tanda-tanda Narsis yang perlu diwaspadai

1. Bermuka dua. 
Di depan dia manis tapi di belakang suka menjatuhkan orang lain, meski itu teman dekat sekalipun. Terserah apa orang lain mau susah atau tidak, yang terpenting dirinya senang. 

2. Cenderung untuk menyalahkan orang lain atas kegagalannya. 
Baginya dia sudah berusaha sesuai kemampuannya jika takdir mengharuskan dia gagal, dia pasti menyalahkan orang lain atas kegagalannya itu.

3. Lain dibibir lain di hati. 
Dia suka ngomong apa aja yang kedengarannya bagus di telinga, tapi belum tentu itulah yang ada dihatinya. Bisa saja dia mengakui kamu cantik tapi dalam hati sudah berderet kekuranganmu, yang menunjukkan kamu tidak lolos kualifikasi sebagai orang cantik.

4. Tidak bertanggung jawab dan tidak bisa dipercaya. 
Karena omongannya yang suka lain di bibir lain di hati jadi tidak bisa dipercaya. Begitu juga jika diberi kesempatan untuk melakukan suatu pekerjaan ternyata pekerjaan itu tidak diselesaikannya. Kalau ditanya akan meluncurlah berjuta alasan dari bibirnya.

5. Sombong, merasa lebih dibanding orang lain. 
Tidak ada orang lain yang sempurna kecuali dirinya. Dia selalu meremehkan orang lain karena merasa orang lain tidak sepandai dan sehebat dirinya.

6. Hidup di dunia fantasi.
Fantasi termasuk suka hal-hal berbau porno, rayuan, selingkuh, sukanya mimpi jadi sukses dan populer. Dia lebih suka berfantasi, hidup di dunia khayalan yang penuh dengan angan-angan daripada hidup di dunia nyata. 

7. Kecanduan pada tingkah laku pemimpinya sehingga sulit disadarkan. 
Dia lebih senang hidup di dunia mimpi. Karena semua kelihatan indah tanpa perlu kerja keras. Dia tidak bisa menghadapi kenyataan kalau hidup itu tidak semudah mimpi..

8. Bisa bohong dan memutarbalikkan fakta dan kejadian agar sesuai keinginannya. 
Dia suka membanggakan diri, karena begitu cintanya pada diri sendiri. Untuk mendukung cerita tentang kehebatan dirinya kalau perlu dibumbui kebohongan dan fakta karangan saja.

9. Tidak bisa memegang uang. 
Tidak bertanggung jawab terhadap keuangan. Berapapun uang yang diterimanya pasti habis dan tak bersisa. Tidak ada prinsip menabung apalagi investasi di kepalanya. Baginya hidup hanya hari ini, besok urusan lain lagi.

10. Tidak berhenti merengek secara emosional jika menginginkan sesuatu.
Dia ingin semua keinginannya terpenuhi dan untuk mencapainya dia akan berusaha amti-matian, kalau perlu memksa dan merengek secara berlebihan.

11. Tidak memiliki empati dan simpati pada orang lain.
Karena hidup hanya terpusat pada dirinya maka orang lain itu hanya pelengkap dan tidak penting. Jika seseorang minta bantuan atau mengalami kesusahan maka sulit baginya untuk memahami apalagi mengulurkan tangan untuk menolong.

12. Sangat suka mengontrol orang lain dan tidak bisa rileks.
Hidup hanya terpusat pada diri dan kebutuhannya. Sepanjang keinginannya tidak terpenuhi dan rasa haus penghargaan tidak dipenuhi oleh orang lain maka hatinya akan selalu gundah. Demi memenuhi keinginannya itu dia perlu mengontrol orang lain agar berjalan sesuai keinginan.

13. Suka memprovokasi orang lain dan menyalahkannya jika terjadi perselisihan. 
Orang narsis tidak menyukai sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya. Kalau perlu dia akan memprovokasi dan menghasut orang lain agar berjalan sesuai rencana dan keinginannya. Jika akhirnya terjadi perselisihan dia segera mundur, cucu tangan dan melemparkan kesalahan pada  orang lain.

14. Tidak mau mengakui kesalahannya.
Jika ada masalah dia akan menunjuk orang lain sebagai biangnya sementara dirinya tidak pernah mau mengaku salah dan tidak ingin dipersalahkan. Dia berani bertengkar dengan siapapun yang menunjuknya bersalah atas suatu masalah.

Itulah 14 tanda orang narsis yang perlu selalu diwaspadai karena orang ini ada di sekitar kita. Bisa menjadi racun dalam hubungan pertemanan, cinta bahkan hubungan kekeluargaan. Perlu waktu untuk membuat orang narsis sadar bahwa dunia tidak boleh hanya berputar pada dirinya tapi juga orang lain karena manusia dasarnya adalah mahluk sosial.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !