Agar Hidup Tenang Hindari 15 Hal ini !

Hidup tenang, nyaman dan bahagia adalah keinginan setiap orang. Tapi hidup tenang itu tidak diperoleh begitu saja, tapi harus diusahakan. Bagaimana mengusahakan agar bisa hidup tenang?

hidup tenang

Inilah 15 tips memperoleh ketenangan dalam hidup.

1. Meragukan diri sendiri
Tidak ada orang yang sempurna. Tapi kalau langkah anda terhenti hanya karena selalu meragukan diri sendiri akan membuat hidup anda kacau. Lebih berusaha tapi gagal ketimbang sudah mundur sebelum mencoba karena tidka yakin dengan kemampuan. Hidup akan senantiasa dipenuhi kecemasan dan kesedihan karena cita-cita dan impian terasa terlalu jauh untuk dijangkau.

2. Berpikir negatif
Pikiran negatif akan menarik hal-hal negatif dalam hidup seperti kecemasan, ketidak tenangan, ketidaknyamanan dan kegagalan. Hidup yang dipenuhi dengan aura negatif adalah hidup yang terasa penuh tekanan dna stres.

3. Takut Gagal
Jika seseorang sudah memutuskan untuk mengerjakan sesuatu, hasilnya hanya dua, apakah berhasil atau gagal. Mengapa harus takut gagal? Gagal itu kan keberhasilan yang tertunda. Gagal bisa memberikan pembelajaran yang banyak bagi kita. Orang sukses yang telah ditempa begitu banyak kegagalan akan jauh lebih bertahan dibanding orang yang sukses secara instan tanpa pernah mencicipi pahitnya kegagalan. Takut gagal akan membuat cemas dan tidak tenang.

4. Hubungan yang menghancurkan
Hubungan yang baik harusnya bisa saling menguatkan, saling memberi manfaat, bukannya saling menghancurkan satu sama lain. Jika merasa berada dalam hubungan yang tidak memberikan manfaat, hanya kesedihan dan tekanan, segera akhiri sebelum akhirnya menghancurkan anda. (baca : 12 tanda utama saatnya say good bye padanya).

5. Gosip
Apa pentingnya kita menggosipi atau menceritakan keburukan orang lain di belakangnya. Gosip hanya akan membuat orang lain membenci dan memusuhi kita. Biarkan orang lain dengan urusannya, sepanjang itu tidak terkait langsung atau memiliki pengaruh dengan kita. Kecuali kalau anda ingin tidak tenang hidupnya, silakan habiskan umur dengan gosip.

6. Mengkritik diri sendiri dan orang lain.
Kritik itu menyakitkan! Kalau ada yang mengkritik pasti terasa tidak enak dan membuat anda melakukan pembelaan sekuat tenaga. Begitu juga kalau kita mengkritik diri sendiri hanya akan meyakinkan diri bahwa kita tidak pantas untuk sukses karena dipenuhi dengan kekurangan. Hal ini akan menjadi penghambat utama diri sendiri untuk maju dna sumber kecemasan yang parah.
Belum lagi jika kita mempunyai kebiasaan mengkritik orang lain. Apa gunanya mengkritik? Hanya mencari musuh dan lawan yang siap untuk mengkritik kita kembali. Apa jadinya hidup jika banyak yang memusuhi kita?

7. Kemarahan
Kemarahan itu menjerumuskan. Jangan memelihara kemarahan dalam hati. Banyak kejahatan yang terjadi, banyak manusia yang harus masuk penjara karena tidak dapat mengendalikan kemarahannya. Marah boleh, tapi lakukan sewajarnya dan kontrol diri agar tidak membahayakan diri sendiri dna orang lain.

8. Makan banyak
Makan banyak membuat malas. Malas bergerak, malas berbuat, membuat kita selalu tertinggal di belakang. Belum lagi efek makan banyak (terutama makanan berlemak tinggi) bisa membahayakan kesehatan. Bagaimana bisa hidup tenang jika kesehatan terganggu?

9. Kemalasan
Sebenarnya tidak ada orang yang malas, hanya terlalu santai menghadapi hidup dan menyepelekan hal-hal penting sehingga kesannya malas. Mereka tidak punya prioritas dalam hidup sehingga merasa tidak perlu bergerak maju mencapai prioritas tersebut.

10. Pembicaraan negatif
Pembicaraan negatif tidak memberikan manfaat tapi membenarkan dan menarik masuk semua hal negatif dlam hidup. Jika ingin hidup tenang jangan biarkan pembicaraan negatif dengan diri anda sendiri terjadi. Pembicaraan negatif akan membuat kita menyetujui semua tindakan salah yang merugikan seolah-olah kita membenarkan diri melakukannya karena merasa pantas menerimanya. Merasa tidak cukup berharga untuk dihargai oleh diri sendiri apalagi orang lain? (baca : 10 hal yang harus kamu katakan pada diri sendiri).

11. Penundaan
Jangan menunda sesuatu karena kadang penundaan itu berarti tidak pernah mau melakukan. Jika memutuskan melakukan sesuatu segeralah action sekarang, tak usah menunggu esok atau lusa, karena esok atau lusa bisa jadi kamu masih menunda atau belum tentu kamu laksanakan.

12. Takut sukses
Selain takut gagal, takut sukses juga bisa bikin hidup tidak tenang. Banyak orang yang memikirkan dampak negatif dari sukses ketimbang dampak positifnya. Sehingga belum apa-apa sudah cemas duluan.

13, Berlebih-lebihan
Hidup kekurangan itu tidak enak tapi berlebih-lebihan juga tidak dianjurkan. Misalnya berlebih-lebihan membelanjakan uang sampai besar pasak daripada tiang bisa jatuh pada utang atau kemelaratan. Lakukan sesuatu sewajarnya, sekedarnya dan sesuai kebutuhan.

14. Selalu mau menyenangkan orang lain
Punyailah harga diri. Jangan hanya mau menyenangkan orang lain terus menerus meskipun harus mengorbanakan kepentingan diri sendiri. Atas nama cinta, atas nama pertemanan dan menjaga hubungan baik kita amlah jadi budak orang lain yang harus menuruti semua kemauannya. Milikilah keberanian untuk berkata tidak pada permintaan orang lain jika bertabrakan dengan kepentingan anda. Jika terus meneris menjadi budak orang lain maka hidup tak akan pernah tenang dan bahagia.

15. Selalu mendahulukan orang lain meski kita tersiksa.
Terkait dengan nomor 14 di atas, jika selalu mendahulukan orang lain maka kita merasa diri tidak penting. Hanya orang lain yang selalu kita nomorsatukan sementara diri hanya menjadi prioritas ke sekian. Akibatnya orang memperlakukan kita seperti keset kaki. Bagaimana orang lain mau menghargai kalau kita sendiri tidak menghargai diri kita?

Ituah 15 hal yang bisa dilakukan untuk membuat kehidupan nyaman, tenang dan bahagia. Baca juga : berhentilah lakukan ini, dijamin anda bebas galau.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !