7 Tips Mudah Memaafkan

Menjadi orang yang pemaaf itu melegakan. Kalau urusan meminta maaf telah banyak kita bahas di artikel ini 6 seni meminta maaf pada pasangan. Di artikel ini cara dan meminta maaf yang selalu berhasil juga jelas digambarkan bagaimana minta maaf itu harusnya dilakukan. Sekarang kita membahas dari sisi orang yang memaafkan.
Memang kadang tidak mudah untuk memaafkan seseorang yang menyakit hati dan perasaan. Tapi menyimpan dendam dan kebencian juga tidak menjadikan kita lebih baik. Lalu bagaimana mengikis rasa benci dan mulai membuka hati untuk memaafkan?


Tips mudah memaafkan

# Jangan menunggu maaf orang lain
  • Jika seseorang melakukan kesalahan itu wajar. Mereka sama halnya dengan kita yang tak sempurna. Saat melakukan kesalahan apsti kita ingin dimaafkan bukan? Jika orang lain berbuat salah pada anda, segera maafkan, bahkan sebelum ia memintanya. Berbesar hatilah.
# Lihat sisi positifnya
  • Jika hatimu terluka karena seseorang, lihatlah dari sisi positifnya. Bahwa dia sebenarnya berniat baik hanya cara penyampaiannya saja yang salah. Dia tidak berniat menyakitimu hanya kamu saja yang menerimanya dengan cara yang berbeda.
# Tetaplah baik hati meskipun hatimu terluka
  • Kedengarannya mungkin terlalu ideal bagimu. Tapi saat hatimu terluka kamu punya hak untuk didengarkan. Sampaikan dengan bahasa yang baik tanpa menghakimi, menyalahkan dan menuduh orang lain.
# Sadarilah bahwa maaf itu menyembuhkan
  • Tak ada gunanya menyimpan dendam yang akan membuat hati tambah sakit. Memaafkan itu menyembuhkan. Memaafkan adalah melepaskan kesakitan agar menguap ke udara dan menerima kesembuhan dengan hati yang lapang dan jernih.
# Terimalah maaf seseorang
  • Jika seseorang berbesar hati meminta maaf atas salahnya padamu. Meski kamu butuh waktu untuk mencerna situasi tersebut, tapi terlebih dahulu terimalah maaf darinya kemudian sesuaikan dirimu dengan kondisi tersebut.
# Tidak menggali luka lama
  • Jika hatimu telah memilih untuk memaafkan seseorang, maka kamu telah menutup pintu masa lalu di mana kesalahan itu dibuat. Tak perlu lagi mengungkit-ungkit dan menggali luka lama.
# Pastikan mereka tahu telah dimaafkan
  • Seseorang yang minta maaf kadang tak yakin kalau telah dimaafkan olehmu. Pastikan mereka yakin, kalau perlu ajak bicara dengan lembut bahwa hatimu benar-benar telah memaafkannya dan siap memulai hubungan yang lebih baik lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !