Keajaiban dan Khasiat Kunyit

Kunyit, tanaman berumbi berwarna kuning terang hampir orange adalah salah satu bumbu dapur yang sangat dikenal dalam makanan Asia, tak terkecuali di Indonesia.
Tapi tahukah Anda bahwa kunyit itu memiliki banyak fungsi selain sebagai bumbu dapur?


Keajaiban Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit yang merupakan antioksidan memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti : 

(1) ANTI INFLAMASI (anti radang / anti bengkak)
  • Kandungan curcumin pada kunyit dapat digunakan untuk mencegah kondisi kesehatan seperti asma, alergi, artritis, penyakit-penyakit autoimun (yang terkait dengan kekebalan tubuh) dan penyakit jantung tanpa ada efek samping dari obat kimia. Kunyit dapat membantu melegakan tenggorokan yang sakit, meringankan kulit yang melepuh
(2) ANTI KANKER
  • Mencegah, memperlambat dan menghentikan pertumbuhan berbagi jenis sel kanker khususnya tumor pada kerongkongan, mulut, usus, perut, payudara dan kulit. Karena kunyit adalah antioksidan yang berperang melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. 
(3) MEMPERBAIKI SISTEM KEKEBALAN TUBUH
  • Melawan infeksi bakteri / virus dan membersihkan darah melalui meningkatnya pencernaan makanan oleh tubuh. Diketahui 5 sampai 8 kali lebih kuat dibanding vitamin C dan E. Juga berperan menangani anemia (kurang darah).
(4) MAKANAN BAGI KULIT
  • Membersihkan dan menyediakan makanan bagi kulit dengan mempertahankan kekencangan dan membuatnya lebih berseri dengan menjadikannya lulur ataupun bahan scrub. Kunyit juga dapat mengobati jerawat yang meradang dengan mencampurkannya dengan daun cendana dan sedikit air. Dan kabar gembiranya kunyit bisa memperlambat penuaan pada kulit.
(5) MENGURANGI RAMBUT BERLEBIH
  • Bagi anda wanita yang memiliki kumis halus, mencuci mukalah secara berkala dengan larutan kunyit dan dapat mengurangi pertumbuhan rambut-rambut halus di atas bibir anda.

# Bagaimana caranya?

(1) Jadikan bumbu, 
  • Anda dapat mengambil manfaat dari kunyit dengan mencampur pada makanan atau minuman anda. Catatan : memanaskan kunyit dalam waktu lama akan menghilangkan zat-zat penting yang dikandungnya.
(2) Dijadikan acar
  • Potong-potong umbi kunyit dalam ukuran kecil dan buatlah acar sehingga bisa dimakan sebagai appetizer.
(3) Olesan
  • Beri bubuk kunyit halus dengan sedikit air sehingga mengental dan oleskan pada bagian yang luka, meradang, gigitan serangga atau pada kulit untuk memperoleh manfaatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !