Mengapa Orang Jepang Suka Pakai Masker Rumah Sakit?

Adalah pemandangan umum yang kita lihat di mana-mana di Jepang orang memakai masker saat berada di keramaian atau saat kontak dengan orang lain. Masker yang biasanya digunakan di rumah sakit atau dokter yang akan melakukan operasi ini dipakai di tempat umum, bukan oleh tenaga medis atau pasien tapi masyarakat umum.

Masker memang gunanya untuk melindungi si pemakai dari serbuan virus / bakteri  yang menyebar dari orang lain. Juga untuk melindungi orang  tersebut menularkan virus yang ada dalam tubuhnya.

masker imut dan lucu
(photo credit for www.tofugu.com)

Mengapa orang Jepang kesannya paranoid sama kesehatan dan harus pakai masker kemana-mana?

(1) Orang Jepang terkenal sebagai pekerja keras. 
Mereka punya waktu istirahat dan hari libur yang sangat sedikit. Bagi pekerja kantoran mereka memiliki waktu libur kurang lebih 10 hari dalam setahun. Dan bagi mereka yang sakit mereka menggunakan waktu libur ini karena tidak ingin masuk kantor dan menulari rekan kerjanya. Akibatnnya waktu liburnya yang sebenarnya bisa dipakai bersenang-senang jadi berkurang karena sakit. Itulah sebabnya mereka sangat concern dengan kesehatan.

(2) Sadar diri
Bagi yang sedang sakit seperti flu dan batuk, mereka sangat menyadari bahwa penyakit mereka bisa menulari orang lain dengan mudahnya. Saat bersin, batuk, membuang ingus dengan tangan bisa berbahaya jika menyentuh barang-barang yang sering dipakai oleh orang lain, seperti pegangan pintu, pegangan tangga, tiang dalam kereta atau bus. Memakai masker setidaknya bisa mencegah / membatasi penularan penyakit ke orang lain.

(3) Tak ingin ditulari
Alasan lain mengapa orang Jepang menggunakan masker adalah karena semua orang di sekitarnya sakit dan dia tidak ingin tertular penyakit dari orang lain. Saat menggunakan transportasi umum yang padat dimana orang saling berdesakan adalah rentan untuk terkena penyakit dari orang yang sedang sakit dan tidak menggunakan masker sebagai pelindung. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

(4) Menderita alergi akut
Saat bunga sakura bermekaran dan berkembang dengan indahnya, ada orang-orang tertentu yang alergi pada serbuk sari bunga sakura. Agar alerginya tidak terpicu dan menimbulkan masalah mereka menggunakan masker.

(5) Bersikap sopan
Adalah kebiasaan orang Jepang untuk bersikap sopan dan memperhitungkan perasaan orang lain. Jika dirinya merasa membahayakan kepentingan orang lain maka dia akan melakukan apapun untuk mengatasinya. Karena kalau tidak maka ia akan dikatakan tidak pedulian. Salah satunya adalah dengan penggunaan masker.

(6) Serangan iklan
Iklan tentang penggunaan masker untuk mencegah penyebaran penyakit begitu gemcarnya di TV. Ada kepentingan bisnis di sini. Terutama perusahaan penghasil masker dan produk antibakteri. Iklan ini begitu mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan masker jika berada di tempat umum.

Itulah 6 alasan mengapa orang Jepang suka memakai masker rumah sakit. 
Semoga menambah ilmu.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !