Tips Memulihkan Diri Dari Kecanduan

Bagi kamu yang telah mengalami masa-masa berat menjadi budak barang terlarang entah itu narkoba, minuman keras, bahkan rokok dan memilih jalan untuk kembali demi kesehatan dan masa depanmu, tidaklah mudah. Tidak gampang untuk meyakinkan orang lain bahwa kamu ingin berubah. Juga bukan perkara mudah bagimu untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kamu mampu mengatasi rasa kecanduan ataupun ketergantunganmu.


Tips recovery dari kecanduan

Camkan ini baik-baik dalm jiwa dan pikiranmu :

(1) Pemulihan akan sangat menantang tapi pantas untuk dilakukan

  • Bukan hal yang mudah memutus kebiasaan yang membuat hidupmu terasa lebih mudah dan mengasyikkan.Memulai dengan awal yang baru dengan rangkaian pengobatan, rehabilitasi dan terapi memang awalnya berat tapi itu pantas untuk dilakukan demi kesehatan tubuh dan mentalmu. Motivasi diri dan orang terdekat akan sangat membantumu memulihkan diri
(2) Kamu bakal terengah-engah tapi teruslah berjuang.
  • Selalu ada upaya dalam dirimu yang menarikmu kembali ke masa-masa kelam itu. Tidak apa-apa selama kamu terus berjuang melawan bujukan dirimu sendiri atau ajakan teman-teman sesama pecandu.  Kalau kamu memang niat untuk memperbaiki diri, lanjutkan meski harus terengah-engah.
(3) Kamu bakalan merasa sendiri dalam perjuanganmu
  • Dukungan keluarga dan orang terdekat memang penting tapi yang kamu taklukkan adalah dirimu sendiri. Tidak ada yang lebih kuat menahanmu untuk berubah kecuali dirimu sendiri. Karena itu kadang kamu merasa sendiri dalam perjuanganmu karena orang lain tidak bisa memahami apa yang kamu rasakan. Pergolakan batin, penolakan dan sebagainya berkecamuk dalam dadamu. Teruslah berjuang melawan dirimu sendiri. Jika kamu berhasil, maka lebih mudah bagimu untuk menolong orang lain yang mengalami hal serupa.
(4) Keluarga mungkin takkan pernah bisa paham
  • Keluarga dan orang tercinta tidakpernah berada dalam posisimu yang berjuang untuk  pulih. Tapi selalu ada kesempatan untuk menjelaskan kepada mereka. Apa yang kamu  alami dan dukungan apa yang kamu  perlukan dari mereka. Jangan segan-segan menyampaikan harapanmu karena mereka pasti khawatir dan terus ingin mendukungmu.
(5) Kamu akan mengalami hari buruk dan hari baik silih berganti
  • Perjuangan untuk pulih itu tidak selalu mulus. Selalu ada hambatan yang berusaha menarikmu ke kebiasaan lama yang salah itu. Sementara di sudut lain hatimu kamu ingin sembuh dan ingin beraktivitas normal. Ya.. kamu bakal menikmati hari baik saat semua berjalan sempurna dan hari buruk saat perasaan ketergantungan begitu mendera dan kamu merasa tak berdaya karenanya. Tapi percayalah seiring dengan waktu hari-hari buruk akan semakin berkurang karena kondisimu akan terus membaik.
(6) Masalah tidak begitu saja hilang tapi pelan-pelan bisa dikelola dengan baik
  • Masalah ketergantungan adalah sesuatu yang kamu hadapi sejak lama. Dan kamu tidak menyadari kalau itu masalah. Sehingga memulihkannya butuh tekad dan kemauan yang keras. Memang mungkin masalah tidak bisa dienyahkan begitu saja, tapi pelan-pelan seiring berjalannya waktu, maka masalah bisa dikelola dengan baik.
(7) Awalnya mungkin tidak begitu terasa
  • Saat dokter dan terapist menyatakan kamu telah sembuh total mungkin kamu belum merasakan perubahan yang berarti dalam dirimu, hanya kelegaan karena terbebas dari masalah ketergantungan lagi. Tapi pelan-pelan tubuhmu akan menyesuaikan diri dan menjadi lebih sehat, lebih kuat, lebih bahagia.
Itu sebabnya kamu harus terus berjuang, dan jangan berhenti karena masalah. Karena pulih adalah sesuatu yang pantas untuk diperjuangkan. (baca juga : mengapa banyak artis yang kecanduan narkoba) Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !