Tips Mengatasi Kebuntuan Dalam Menulis

Punya tugas dari sekolah untuk menulis esai? Atau bagi para mahasiswa sedang bingung mau menulis apa di karya tulisnya atau bahkan skripsinya? Belum lagi para reporter, wartawan editor atau kaya' saya yang suka menulisi blog pribadi tapi buntu, kehabisan ide dan sepertinya tak tahu mau bercerita tentang apa?



Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menolong menghilangkan kebuntuan dan menemukan ide tulisan :

(1) Dengarkan musik

  • Semua orang tahu bahwa musik itu bisa menginspirasi kita untuk bercerita tentang sesuatu. Entah itu apa yang terdengar dari lirik-lirik manisnya maupun alunan nada yang syahdu bisa membuat ilham terus mengalir seperti air. Bagi kamu yang mengalami kebuntuan dalam menulis, berhentilah sejenak, putar lagu/musik yang kamu sukai, dengarkan, kalau perlu ikut berdendang bersamanya. Hal itu akan mengubah suasana hati yang tadinya suntuk menjadi cerah ceria dan terbuka akan ide-ide baru.
(2) Tak perlu runut
  • Memang sih orang menulis itu harus berurutan dan sesuai dengan pakem-pakemnya, seperti ada paragraf pembuka, isi dan nantinya kesimpulan dan penutup. Tapi kalau kamu mengalami kebuntuan boleh saja kamu mulai langsung dari isi. Tulis saja apa yang ada di kepalamu, biarkan mengalir begitu saja sampai selesai. Kemudian kamu bisa memulai paragraf lainnya seperti pembuka atau malah langsung ke kesimpulan saja. Meskipun nantinya setelah di print harus ditulis runut atau berurutan tapi saat menulisnya kamu silakan melompat-lompat dimulai dari paragraf /bagian yang paling kamu sukai.
(3) Teguk segelas kopi dan nikmati tidur ringan
  • Semua orang tahu rasa dan keharuman kopi bisa membuat kita tetap terjaga. Tapi tahukah kamu meneguk segelas kopi kemudian menikmati tidur yang ringan bisa meningkatkan kreatifitas dan menghancurkan kebuntuan dalam menulis? Hasil penelitian dari ilmuwan di Inggris membuktikan hal tersebut. Segelas kopi dilanjutkan dengan tidur sejenak dapat meningkatkan produktivitas sampai dua kali lipat.
(4) Berpaling sejenak pada pesohor / selebriti
  • Memotivasi diri dengan membaca kutipan-kutipan segar dan penuh semangat dari para selebriti / pesohor / orang terkenal, sedikit banyaknya akan membuat perubahan pada mood kita. Mereka ini kan enak dilihat, enak dipandang dan menyegarkan. 
(5) Ganti pemandangan
  • Mungkin suasana dan tempatmu menulis kurang mendukung untuk munculnya kreatifitas dan ide-ide segar, karena pemandangannya yang kaku, seperti langit-langit rumah, atau tembok kokoh yang dingin. Cobalah keluar kamar / pindah tempat dan ganti suasana. Cari tempat yang enak seperti teras depan yang dingin, taman belakang, halaman rumput atau perpustakaan yang nyaman. Ganti suasana, ganti pemandangan mungkin bisa membuatmu menarik ide-ide baru terkait dengan apa yang kamu lihat.
(6) Beranikan diri mulai menulis satu kata
  • Apapun yang terlintas di benakmu segera tulis, jangan tunggu sampai banyak. Sebuah kata bisa dikembangkan menjadi beberapa kalimat, dan kalimat itu tanpa terasa akan terangkai menjadi sebuah cerita. Kalau menunggu banyak kata baru mau menulis mungkin membutuhkan waktu lama. Atau kamu tak akan mulai menulis apapun.
Itulah 6 tips bagaimana mengatasi kebuntuan dalam menulis. Bermanfaat bagi saya dan mudah-mudahan bermanfaat pula bagi kamu.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !