10 Cara Alami Untuk Menghentikan Perasaan Depresi

Merasa depresi dan stres melanda hidup anda? Bagaimana mengatasinya? 
Inilah 10 cara alami mengatasi deperesi.

depresi

(1) Pahamilah kondisi emosi anda yang labil
  • Saat dilanda stres yang berkepanjangan sampai depresi, seseorang pasti mengalami kondisi emosi yang tidak stabil. Terimalah kondisi anda itu dan mulai berdamai dengannya. 

(2) Habiskan waktu lebih banyak bersama orang-orang yang positif.
  • Orang-orang negatif tak memberi kontribusi apa-apa dalam hidup anda selain hanya melemahkan. Mereka selalu menemukan masalah dalam setiap solusi. Tak ada yang positif dan benar dalam semua tindakan anda. Selalu saja ada cela dan kekurangan, sehingga membuat anda jadi tak berani melangkah. Orang negatif bukannya membuat depresi anda berkurang, malah menambah parah.

(3) Refleksikan kesuksesan anda di masa lalu.
  • Kesuksesan di masa lalu yang terus ada dalam benak anda, bukannya karena post power syndrome, tapi kesuksesan itu adalah bentuk motivasi bagi diri anda. Bahwa anda sebenarnya mampu dan bisa berhasil menggapai impian anda, jika anda memang mengusahakannya. Anda toh terbukti pernah berhasil sebelumnya. Bukan tidak mungkin anda bisa mengulanginya lagi.

(4) Fokuslah pada rasa syukur.
  • Banyak hal yang bisa disyukuri dalam hidup ini. Dengan memusatkan pikiran pada rasa syukur, membuat anda jadi merasa beruntung bisa hidup dan menjadi bagian dari kehidupan anda selama ini.

(5) Rubah cara pandang anda terhadap sesuatu.
  • Jika sebelumnya anda melihat bahwa semua masalah bisa diselesaikan dengan uang, maka cara pandang anda keliru. Uang itu tidak bisa membeli kebahagiaan, tidak bisa membeli teman dan tidak bisa membeli harga diri. Begitu juga jika anda selalu melihat sudut pandang yang egois, dari kepentingan dan sisi anda sendiri, rubahlah. Cobalah sesekali melihat dari sudut pandang orang lain, agar anda paham bagaimana perasaan orang lain menghadapi anda.

(6) Rubahlah kebiasaan rutin anda.
  • Jika biasanya anda suka begadang, merokok, dugem maupun makan makanan tak sehat, ubahlah pola hidup anda. Cobalah tidur lebih awal, kurangi dugem, minum minuman beralkohol bahkan kalau bisa berhetilah merokok dan makan makanan yang sehat.

(7) Berinteraksilah dengan alam, tumbuhan maupun hewan.
  • Jangan terus menerus mengurung diri dalam rumah atau menenggelamkan diri dengan pekerjaan. Keluarlah menikmati hidup dan dunia ini. Peliharalah bunga atau sediakan waktu untuk berkebun dan memelihara hewan peliharaan. Itu adalah pengalih yang efektif untuk masalah depresi anda.

(8) Olahraga
  • Biasanya tak pernah olahraga, cobalah sekarang sediakan waktu untuk sekedar bergerak ringan. Tak perlu olahraga mahal, sekedar joging di sekitar rumah pun cukup.

(9) Pikirkan kepentingan yang lebih besar.
  • Jika anda terus tenggelam dalam depresi dan harus meninggal, bagaimana nasib keluarga yang anda tinggalkan? Siapa yang akan mengurus mereka, bagaimana mengobati rasa kesedihan mereka. Pikirkan kepentingan yang lebih besar, dan jangan hanya keinginan anda yang selalu anda kedepankan.

(10) Lakukan sesuatu untuk diri.
  • Jangan biarkan depresi mengalahkan anda. Carilah bantuan dokter atau mengikuti konseling dan terapi agar anda bisa beraktivitas secara normal kembali. Banyak orang yang terkena depresi tapi bisa bangkit dan meraih impiannnya kembali.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !