3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Meluncurkan Produk/ Layanan Baru

Selalu ada produk dan layanan baru

  • Setiap hari selalu saja ada produk dan layanan baru yang diluncurkan oleh para wirausahawan kreatif di negeri ini. Mereka berani bersaing dan ingin mendapatkan keuntungan dari produk / layanan yang mereka jual. Syukur-syukur jika bisa menang dari para pesaing yang lebih duluan eksis. Atau malah membuat gebrakan dengan menjadi pionir sebuah produk / layanan yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan harapan mereka bisa mengenalkan sesuatu yang baru dan kemudian laku di pasaran.
  • Produk / layanan itu saling bersaing dan berusaha bertahan diantara kondisi perekonomian yang sedang sulit saat ini. Tapi ada juga yang produk / layanan yang justru semakin diminati oleh masyarakat meskipun kondisi ekonomi sedang lesu.
  • Jika anda termasuk diantara mereka yang berencana membuat sebuah bisnis dan hendak meluncurkan produk dan layanan baru pada msayarakat, sebaiknya perhatikan 3 hal utama berikut ini. 
produk


3 Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum meluncurkan produk /layanan baru

# 1. Punya kualitas ?
  • Tanyakan pada diri anda, apakah produk / layanan anda berkualitas lebih baik atau minimal setara dengan pesaing anda? Jika tidak itu artinya anda harus siap-siap rugi. Karena masyarakat sudah terbiasa menerima produk / layanan yang jauh lebih baik dari para pesaing anda dan mengapa mereka harus pindah pada produk / layanan baru yang kualitasnya meragukan?
  • Jika produk / layanan anda jelas-jelas tidak berkualitas, biar dipromosikan dengan dana yang tinggi, membayar artis terkenal sebagai modelnya, tetap saja tidak akan mampu bertahan di tengah persaingan pasar yang ketat sekarang ini.
  • Jika anda sendiri tak yakin dengan kualitas produk / layanan yang akan anda jual, bagaimana orang lain mau yakin juga? Jika anda sendiri tak mau membeli produk / layanan anda sendiri karena kualitas yang minim, bagaimana anda mengharapkan orang lain untuk membelinya?
  • Jadi kualitas adalah sesuatu yang mutlak anda perhatikan sebelum menelurkan produk / layanan baru.

# 2. Apa dibutuhkan?
  • Apakah produk / layanan yang anda akan jual itu memang dibutuhkan masyarakat? Apa saja yang bisa ditawarkan oleh produk / layanan anda supaya bisa menjawab / memecahkan masalah yang dihadapi oleh konsumen.
  • Tentunya sulit untuk menjual produk / layanan yang tidak dibutuhkan konsumen.
  • Sebelum meluncurkan produk / layanan baru pastikan dulu kalau produk / layanan tersebut ada yang butuh dan mau memakainya.

# 3. Bisa memainkan emosi?
  • Apakah produk / layanan tersebut mampu memainkan emosi konsumen, sehingga membuat mereka ingin memilikinya? Faktor ini kadang malah lebih penting dari faktor kebutuhan. Jika konsumen membutuhkan produk / layanan tertentu, mereka masih bisa menunda untuk membeli / menggunakannya. Tapi jika seseorang sudah sangat menginginkan suatu produk / layanan biasanya saat itu juga dia akan membelinya, bahkan tanpa memperhatikan lagi faktor harga. Ini sering terjadi ada produk-produk dan layanan yang terkait dengan kesukaan / hobi / koleksi.
Jika ketiga faktor tersebut jawabannya adalah "YA" dengan meyakinkan, itulah tanda bahwa produk / layanan anda akan menghasilkan banyak uang dan semakin menambah pundi-pundi kekayaan anda. Jika tidak? Pikirkan kembali, jangan sampai mau untung tapi malah buntung !

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !