Jangan Sekali-kali Menahan Bersin !

Bersin bisa mencapai kecepatan 160 km /jam

bersin

  • Bersin adalah salah satu proses alami tubuh untuk membersihkan kotoran dan organisme pengganggu yang terdapat dalam tubuh. Melalui bersin organisme itu keluar dari dalam tubuh melalui tekanan yang sangat kuat. Bahkan sampai 160 km / jam. Lewat tekanan yang keras inilah semua organisme penganggu keluar lewat hidung atau mulut. Mengapa saat bersin kita tutup mata bisa di baca di sini 


Kenapa tak boleh menahan bersin?

  • Tekanan bersin yang begitu besar membuatnya harus dikeluarkan segera. Jika ditahan-tahan maka tekanannya akan berpindah ke bagian tubuh yang lain dan bisa melukainya. Seperti :
# 1. Telinga
  • Menghentikan atau menahan bersin dapat mengalihkan tekanan di rongga hidung berpindah ke telinga dan ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga, seperti merusak gendang telinga.
  • Hal itu juga bisa menyebabkan kehilangan pendengaran dan pusing yang terus menerus.
# 2. Mata
  • Juga bisa membahayakan mata, seperti menyakiti kapiler darah di sekitar mata. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan.
# 3. Diafragma
  • Tekanan yang keras ini jika sengaja dihentikan dapat merusak diafragma.
# 4. Leher
  • Jika anda masih bandel saja dan masih menahan-nahan bersin bisa menyebabkan cedera leher dan bisa menyebabkan gejala yang sama seperti penderita sinusitis.
# 5. Otak
  • Fatalnya menahan bersin bisa menyebabkan putusnya pembuluh darah di otak yang bisa menyebabkan stroke. Kita semua tahu bahwa stroke bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Jadi jika berada di depan umum dan terasa mau bersin, lepaskan saja, jangan ditahan. Jangan lupa tutup mulut anda dengan tisu atau sapu tangan. Kalau tidak punya tutup dengan punggung tangan atau lengan anda. Jangan menutup bersin dengan telapak tangan, karena itu bisa menyebabkan transfer kuman pada apa yang dipegangnya. 

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !