Tips Sukses Paling Jitu: Silakan Jual Diri Agar Sukses

Kita sejak kecil sudah jual diri

Jual diri pasti konotasinya selalu jelek. Menjual kecantikan / kemolekan atau kegantengan diri untuk memuaskan nafsu birahi para penggila seks di luar sana. Tapi bukan jual diri seperti itu yang saya maksudkan di sini. Tapi jual diri yang lain.


jual diri biar sukses

Sebenarnya dari dulu kita sudah jual diri tanpa kita sadari. Sepanjang hidup kita sudah melakukan banyak jual diri untuk mencapai tujuan. Ingatkah anda dengan hal-hal berikut ini :
  • waktu kecil kita menangis meraung-raung hanya untuk membujuk agar ibu membelikan kita mainan yang paling kita inginkan. Sebagai gantinya kita mulai jualan diri dengan mengatakan "saya bakalan jadi anak baik sepanjang tahun dan jadi juara kelas, saya janji."
  • di sekolah kita selalu berusaha mengesankan guru dengan jadi anak manis dan berprestasi tinggi. Agar guru tak keberatan menjadikan kita murid teladan dan siswa kesayangan.
  • Waktu kuliah kita berusaha ngebujuk dosen agar merhatiin kita dengan jadi mahasiswa yang aktif di perkuliahan dan selalu bertanya pada dosen dalam kelas.
  • Setelah bekerja kita berusaha agar pimpinan merhatiin kita dengan cara ngerjain tugas dengan baik ato ngasilin banyak keuntungan bagi perusahaan.
  • Saat hendak meminang gadis pujaan kita sibuk buat meyakinkan dia kalau kita adalah pasangan yang pantas untuk mendampinginya. Dengan cara memantaskan diri seperti lelaki pujaannya lewat tingkah laku dan sikap kita padanya.
Itulah gaya jual diri yang telah jamak kita lakukan sejak dulu. 


Jual diri untuk sukses

(1) kemukakan kelebihan diri
  • Begitu juga jika ingin sukses di bidang apapun. Jual dirilah. Kemukakan kelebihan diri yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tapi kemukakan secara wajar dan tak berlebihan. Terutama jika saat wawancara pekerjaan.
(2) kemukakan kemampuan diri
  • Sampaikan apa yang anda bisa yang membuat anda cocok untuk pekerjaan tertentu. Yakinkan pada tim pewawancara bahwa anda memiliki kualitas yang mereka cari. Bukan hanya resume anda yang mereka lihat tapi kemampuan untuk mempresentasikan diri anda di depan mereka itu yang penting.
(3) Sampaikan pengalaman keberhasilan anda
  • Jika anda pernah bekerja di bidang yang sama sampaikan keberhasilan yang pernah anda capai dan memberikan kontribusi apa pada perusahaan.  Jika anda bekerja di bidang yang berbeda sebelumnya juga sampaikan apa yang anda pernah capai dalam bidang tersebut. Yakinkan pada mereka bahwa anda selalu bisa melakukan yang terbaik jika diberi kepercayaan. Kemukakan dan tunjukkan betapa anda seorang pekerja keras.
(4) Sampaikan juga kegagalan anda
  • Jangan hanya keberhasilan yang anda kemukakan pada mereka tapi sampaikan pula kegagalan yang pernah anda lalui dan bagaimana anda menyelesaikannya serta apa yang bisa anda pelajari dari hal tersebut.
(5) Kemukakan alasan yang masuk akal
  • Jika mereka menanyakan alasan anda meninggalkan pekerjaan yang lama, kemukakan alasan yang masuk akal, tidak mengada-ngada dan jangan sekali-kali menjelek-jelekkan perusahaan atau tempat kerja anda sebelumnya. Jika anda melakukan itu pewawancara langsung bisa menilai kualitas kepribadian anda yang rendah.
  • Inti dari menjual diri adalah mengemukakan kelebihan diri tanpa merendahkan orang lain.
(6) Sampaikan apa manfaat anda bagi perusahaan
  • Jika ingin diterima bekerja di perusahaan impian, sampaikan dengan jelas dan gamblang apa yang akan anda lakukan untuk berkontribusi memajukannya. Singkatnya apa manfaat anda bagi perusahaan. Apakah mereka cukup untung memiliki anda?
Itulah 6 tips jual diri agar sukses. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !