9 Kebijaksanaan Hidup yang Tiada Duanya

Kebijaksanaan hidup yang bisa memotivasi kita untuk hidup lebih baik.

(1) The adveture of life is to learn (petualangan kehidupan adalah untuk belajar)
  • Petualangan dan belajar adalah dua kata yang tak terpisahkan. Dengan bertualang kita belajar dan karena ingin belajar banyak hal lah, maka kita melakukan petualangan. 
  • Jangan menghabiskan umur mengurung diri di suatu tempat dan mengerjakan hal yang sama sampai mati. Kenapa karena wawasan tak akan berkembang, hidup jadi membosankan dan ilmunya tak nambah-nambah.
  • Pengalaman menambah wawasan, membuka mata akan banyak hal yang berbeda di luar sana, sehingga bisa lebih bijak memandang dunia ini dan lebih bertoleransi terhadap orang lain.

(2) The purpose of life is to grow (tujuan kehidupan adalah membuat kita bertumbuh)
  • Tujuan kehidupan kita agar menjadi manusia yang bertumbuh. Menjadi orang yang lebih baik dibanding sebelumnya. Betapa celakanya mereka yang sama seperti hari kemarin, dan betapa meruginya mereka yang lebih buruk dari hari kemarin.
  • Hidup memang tak selalu indah, banyak masalah dan problem yang menghantam. Masalah harusnya meninggikan kita, menjadikan kita lebih baik dari sebelum di tempa masalah. Masalah mengajarkan kita untuk bertahan, survive dan menyelesaikannya dengan baik.

(3) The nature of life is to change (Sifat dari kehidupan adalah untuk berubah)
  • Perubahan itu adalah mutlak jika ingin maju. Mengapa suatu mahluk dikatakan hidup? Tentu saja karena ia berubah. Baik ukurannya maupun kondisinya. Mahluk hidup senantiasa bergerak untuk menyelenggarakan kehidupannya.
  • Sesuatu dikatakan hidup jika dia berubah. Benda mati tak bisa berubah kecuali dengan bantuan mahluk hidup. Jadi jika anda antipati terhadap perubahan artinya anda adalah benda mati alias tidak hidup. 

(4) The challenge of life is to overcome (tantangan kehidupan adalah bagaimana menanganinya)
  • Hidup itu berwarna jika banyak tantangan yang kita hadapi. Hidup yang datar dan tanpa masalah kelihatan sangat membosankan. Tantangan yang datang dalam kehidupan kita tujuannya adalah untuk mendewasakan kita. Tuhan mengambil orang terkasih dalam hidup kita tujuannya agar kita bisa menangani rasa kehilangan dengan belajar ikhlas. Tuhan memberi kita peyakit agar kita bisa menangani rasa sakit dengan belajar sabar. Tuhan memberi kita kemiskinan agar kita bisa menangani rasa kekurangan dengan belajar mensyukuri apa yang kita miliki.

(5) The essence of life is to care (Esensi dan hakikat kehidupan adalah untuk peduli).
  • Mengapa Tuhan menciptakan orang dalam kondisi yang berbeda-beda? Agar manusia saling mempedulikan sesamanya. Yang kuat menolong yang lemah, yang kaya menolong yang miskin, yang menang menolong yang kalah, yang senang menolong yang susah, dan seterusnya. 
  • Tuhan memberikan kelebihan bukan untuk disombongkan karena kesombongan itu tak ada artinya. Tapi untuk digunakan membantu mereka yang kurang. Kekurangan mereka untuk kita lengkapi, itulah mengapa kita diberi kelebihan.

(6) The opportunity of life is to serve (Kesempatan dalam kehidupan agar kita bisa melayani)
  • Melayani mereka yang membutuhkan kita, melayani kebutuhan dan hajat hidup orang banyak jika kita jadi penguasa. Melayani mereka yang butuh disembuhkan jika kita tenaga medis. Melayani mereka yang kering jiwanya  jika kita adalah pemuka agama.
  • Melayani sesama adalah kesempatan yang diberikan kepada kita agar kita bisa memaknai hidup yang singkat ini dengan menjadi manusia yang bermanfaat.

(7) The secret of life is to dare (Rahasia kehidupan adalah berani)
  • Berani bertindak karena benar. Berani mengejar impian meski semua orang meragukannya. Berani mengatakan tidak untuk hal-hal yang tak disukai. Berani meninggalkan kampung halaman untuk mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Berani membela diri jika diserang.
  • Rahasia kehidupan adalah berani melakukan yang terbaik dalam hidup. Bukan seperti kura-kura yang bersembunyi di balik cangkangnya yang keras, tak berani keluar, hanya bisa mengintip dari balik cangkang / tempurungnya. Akhirnya dia seolah terasing dan menyangka kalau kubangan itu lautan. Kasihan..

(8) The spice of life is to befriend (Bumbu kehidupan adalah dengan berteman).
  • Tak ada manusia yang bisa hidup sendiri, semua butuh orang lain. Bahkan sejak dari bayi kita butuh bidan untuk membantu keluar dari tubuh ibu kita, setelah lahir kita butuh ASI ibu, setelah besar butuh teman untuk bergaul.
  • Hidup dalam keterasingan tidak menjadikan kita manusia. Bahkan hewan pun hidup berkelompok. Karena kelompok itulah mereka dikenali dan disegani oleh kelompok lainnya, bahkan oleh manusia.
  • Teman adalah sarana untuk mengenal diri kita sendiri. Sarana untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik dan lebih bermanfaat.

(9) The beauty of life is to give (Kecantikan hidup adalah dengan memberi)
  • Hidup ini pada prinsipnya saling memberi dan menerima. Kita memlihara hewan peliharaan dengan memberinya makan agar mereka nanti juga memberi kita telur, daging, susu, kulit maupun bulunya.
  • Prinsip kehidupan adalah memberi. Memberi cinta, memberi kasih sayang, memberi uang dan penghidupan yang lebih baik bagi mereka yang memerlukan.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !