8 Tips Untuk Memuaskan Konsumen

BUKAN BERAPA BANYAK UANG YANG ANDA PEROLEH..

  • Untuk membangun taman kekayaan memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi memulai usaha / bisnis adalah salah satu cara untuk membangun taman kekayaan anda. (baca : bagaimana membangun taman kekayaan?)
  • Uang memang beda dengan kekayaan, bedanya dapat di baca di sini. Meskipun begitu uang adalah salah satu faktor untuk membuat kita kaya. Tapi usaha yang benar tujuan utamanya bukan untuk mencari uang/ memasukkan keuntungan sebesar-besarnya dengan menghalalkan segala cara. Tapi tujuannya melayani konsumen dengan sebaik-baiknya, memberi apa yang menjadi kebutuhan mereka dan jika mereka membayar jasa / produk anda, itu adalah hasil sampingan dari berusaha.
  • Jadi benar, bisnis/usaha itu adalah kepercayaan. Kepercayaan antara pekerja dan pimpinan, kepercayaan antara konsumen dan penyedia jasa / produk, kepercayaan antara supplier/pemasok dan toko/usaha.
  • Jadi yang perlu digaris bawahi bahwa menjalankan usaha artinya berurusan dengan kepercayaan konsumen. Jika konsumen percaya pada anda, maka bisnis anda aman. Kepercayaan konsumen dapat diketahui dari tingkat kepuasannya pada usaha kita.
  • Lalu, bagaimana caranya memuaskan konsumen? 
pelayan


TIPS MEMUASKAN KONSUMEN

(1) Perlakukan dengan benar
  • Perlakukan konsumen sebagaimana anda ingin diperlakukan. Memperlakukan mereka dengan baik beda dengan memperlakukan mereka dengan benar. Jika mereka diperlakukan dengan benar, diberi apa yang mereka butuhkan, itu akan memuaskan mereka.
  • Konsumen yang puas akan memberitahu 4 dari 6 temannya tentang anda dan usaha anda.
(2) Buat dia merasa nyaman
  • Jangan memaksakan konsumen melakukan sesuatu atau membeli sesuatu yang tidak disukainya. Meskipun anda merasa itu yang terbaik buat mereka. Bukan anda yang membuat keputusan di sini tapi mereka sebagai konsumen. Tugas anda hanya menjelaskan apa yang anda tawarkan keputusan akhir tetap di tangan mereka. Buat dia merasa nyaman. 
  • Tahukan anda bahwa 1/3 konsumen yang merasa diperlakukan tidak nyaman oleh pelayanan anda 58 % akan menceritakan pengalamannya pada teman-temannya.
(3) Dengarkan
  • Pakai telinga anda untuk mendengarkan komplen dan keluhan konsumen. Biarkan mereka menyampaikan unek-unek dan ingat baik-baik semua detail yang disampaikannya. Kadang-kadang mereka sendiri sudah tahu solusi dari masalahnya tapi mereka hanya perlu berbicara dan didengar. Tunjukkan bahwa anda peduli. Jika anda bisa menyelesaikan masalahnya, bantulah sesegera mungkin. Jangan membuatnya menunggu dan menambah kekesalannya. Jika anda butuh waktu, sampaikan padanya, mohon kesediaannya untuk menunggu dan berterima kasihlah jika dia bersedia menunggu.
  • Tahukah anda 60 % konsumen bersedia membayar lebih jika dia merasa puas oleh pelayanan anda?
(4) Buat mereka loyal
  • Konsumen tidak menuntut banyak untuk menjadi loyal. Mereka ingin diperlakukan sebaik mungkin setiap saat, seperti halnya saat pertama kali mereka berbelanja dan memilih usaha anda. Jangan kecewakan mereka dengan produk yang buruk, jasa yang tak maksimal dan pelayanan yang setengah-setengah.
(5) Perlakukan konsumen sebagai partner yang sejajar
  • Minta masukan, umpan balik, saran perbaikan dari mereka. Biarkan mereka mengemukakan pendapat tentang usaha anda. Tak perlu takut, mungkin anda akan senang dengan apa yang akan anda dengar dari mereka.
(6) Bangun kepercayaan mereka
  • Lakukan apapun yang dapat membangun kepercayaan mereka. Jika anda melakukan kesalahan, akui dan perbaiki segera. Jika mereka yang melakukan kesalahan sampaikan dengan baik, cari solusi bersama, jangan menyinggung perasaan, dan jangan menyerang seolah-olah itu kesalahan fatal yang tak bisa dimaafkan. 
  • Butuh 12 upaya pelayanan yang baik untuk menghapus 1 pengalaman pelayanan yang buruk yang dialami oleh konsumen.
(7) Terbukalah dengan kritikan mereka
  • Konsumen adalah raja. Jika mereka mengemukakan kritik jangan anggap sebagai serangan pada anda. Terima kritik dan akomodasikan dengan baik. Buat mereka percaya bahwa anda orang yang terbuka dan menerima kritik mereka dengan baik.
(8) Tangani keluhan secepat mungkin
  • Jika konsumen mengadukan masalah yang terkait dengan usaha anda, selesaikan segera. Jika anda tidak bisa menyelesaikannya saat itu juga sampaikan dengan baik dan berjanjilah untuk menelepon mengabarkan padanya. Saat anda sudah menemukan solusinya, segeralah temui atau telepon konsumen. Jangan membiarkan mereka menunggu dengan galau.
  • Tahukah anda bahwa konsumen akan meninggalkan anda jika mereka tidak puas atas layanan keluhan mereka.
Itulah 8 tips untuk memuaskan konsumen anda. Percayalah, konsumen yang puas, yang percaya pada anda akan loyal dan membawa uang masuk ke kantong anda lebih banyak dari sebelumnya.
  •  

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !